Anggota DPRD Kepri, Fraksi Partai Golkar, Asmin Patros. (Foto: Phendi/BX)

Batamxinwen, Batam – Separuh publik Batam tentu tak asing dengan sosok Asmin Patros. Tak sekadar di level elite (parpol dan organisasi masayarakat). Di kelas menengah hingga masyarakat kecil pun mengenalnya.

Entahlah apa yang sudah diperbuatnya. Namun yang pasti, saban kali ada hajatan politik sekelas pemilihan legislatif, sosok ini selalu mendulang suara signifikan. Ini bukti bahwa Asmin Patros dikenal dan dikagumi.

Pada politik elektoral selevel pemilihan kepala daerah (pilkada), wali kota dan wakil wali kota di Batam maupun level gubernur dan wakil gubernur di Kepulauan Riau (Kepri), namanya pun kerap disebut dan dihubung-hubungkan. Namun apa jadi. Asmin Patros tak pernah sekalipun bernyali maju. Entah apa pertimbangannya?

Lugas, dia berucap jika masih memiliki segudang kalkulasi. Perhitungan-perhitungan politik segala aspeknya masih dilakukan. “Kami tak sekadar maju. Tapi maju dan harus menang. Prinsip itulah mengusik saya meramu sejumlah kalkulasi,” katanya.

Dari sisi elektabilitas, tak perlu diragukan. Politisi Partai Golkar ini sudah cakap bertarung. Popularitas di mata publik Batam dan Kepri sudah terbukti. Lima periode sudah dia melenggang sebagai wakil rakyat. Pengumpul suara signifikan ini terhitung tiga periode di lembaga DPRD Kota Batam. Dan kini sudah dua periode di DPRD Kepri. Kondisi ini menujuk kepada elektabilitasnya ke publik Batam dan juga Kepri secara menyeluruh.

Pada titik dan fakta ini, nampak bahwa sosok Asmin Patros memang punya magnet yang tak bisa dinilai remeh. Sosok Asmin Patros tentu telah lolos setidaknya seleksi aspek geopolitik. Meskipun begitu, tak sekadar ranah itu jadi hitungan.

“Kami masih harus menanti hasil kajian, survei dan berbagai masukan dari elemen masyakat yang ada,” tuturnya.

Secara kelembagaan partai gaek berlambang beringin ini tentu memiliki patron politik mumpuni yang wajib menjadi bingkai pergerakan kadernya. Pada titik itulah, Asmin Patros masih mencoba berada di rel itu.

“Jujur sudah ada dibangun sejumlah komunikasi dari beberapa pihak kepada saya soal even politik ini. Namun kan ada mekanismenya,” katanya.

         sinyal partai

Secara informal kelembagaan, ada sinyal kuat mendorong Asmin Patros ikut dalam kontestasi lima tahunan itu. Tanpa ragu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Batam Yunus Muda menyebut, Asmin Patros layak.

Kader ini menurutnya layak didorong karena sudah punya pengalaman politik mumpuni. Tak hanya itu, pengaruhnya luar biasa. “Sudah sangat dikenal publik Batam dan bahkan selevel Kepri,” tuturnya.

“Sekarang tinggal yang bersangkutan (Asmin Patros) saja,” katanya menambahkan.

Memang, gampang-gampang sulit meramu adonan paket, untuk sebuah hajatan politik besar di pilkada. Tak sekadarnya, dalam konteks kalkulasi politik jangka pendek. “Memang semuanya masih akan dibicarakan di internal partai. Akan ada waktunya,” katanya.

Banyak berkalkulasi, itulah yang masih menjadi gancu bagi nyali seorang Asmin Patros bilang ‘ya’ untuk bertarung. Kepercayaan diri untuk terlibat pada hajatan ini masih terus dibesarkan.

Setidaknya, Asmin Patrros tak ingin terjebak dalam kegelisahan atas nama kepercayaan diri. Dia Masih harus menanti hasil metoda dan langkah aplikatif, yang kabarnya akan segera dilakukan, demi mendapatkan hasil ril asa publik Batam di pilwalkot ini.

“Tak usah pula dipaksa, jika diri tak pantas. Janganlah bertindak bak pepatah, bila hidung tak mancung, pipi pun tersorong-sorong,” kata Asmin Patro. Pada titik inilah, nyali seorang Asmin Patros diuji di ajang pilkada serentak 2020 di Kota Batam ini. (Phendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here