Menengok dari Dekat Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Tanjungpinang

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

 

Batamxinwen, Tanjungpinang – Bingung mencari tempat bersejarah di Tanjungpinang, anda bisa menemuinya di tempat yang satu ini.

Nah, salah satu kegiatan yang dapat anda lakukan untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat yakni dengan mengunjungi museum.

Museum akan memberikan pengalaman edukasi yang dapat dirasakan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Di Tanjungpinang, Kepri, terdapat museum yang bisa anda sambangi. Mari cek lokasinya!, Sabtu (4/5/2024) .

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi anda yang gemar mendalami sejarah.

Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah berlokasi di Jalan Ketapang Nomor 2, Kemboja, Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Di musim ini, pengunjung bisa mendalami mengenai sejarah kebudayaan Melayu.

Kepemilikan museum oleh pemerintah Kota Tanjungpinang. Pengelolaannya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Koleksi yang dipamerkan di dalam museum ini cukup beragam yaitu benda-benda etnografi, arkeologi, historiografi, filologi, numismatika, keramologi, dan teknologi.

Gedung museum sebelumnya merupakan sekolah tingkat dasar pertama di Tanjungpinang bernama nama Holland Irlandsch School.

Gedung ini didirikan pada masa penjajahan Belanda. Pada masa penjajahan jepang, nama sekolahnya diubah menjadi Futsuko Gakka I.

Kemudian, dulunya gedung museum masih digunakan sebagai sekolah setelah kemerdekaan Indonesia. Namanya diubah menjadi Sekolah Rakyat.

Jom bagi masyarakat kota Tanjungpinang pegi kat museum ini. (m.holul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here