BatamXinwen, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan operator siap menyambut arus mudik setelah melakukan pengecekan jaringan pada akhir pekan.

“Secara umum operator seluler sudah siap untuk menyambut mudik dengan melakukan `drive test` juga pengecekan di titik pemberangkatan,” ujar Rudiantara sebagaimana dilansir Antara.

Pengecekan kesiapan jaringan, kata dia, telah dilakukan operator di sejumlah daerah, titik-titik keberangkatan, seperti stasiun, terminal bus, pelabuhan dan bandara.

Bukan hanya di Jawa, melainkan juga di titik kedatangan di luar Jawa seperti Makassar dan Bali.

Secara umum, tutur dia, operator sudah siap, apabila terdapat tempat yang tidak terjangkau jaringan, telah disiapkan mobile BTS oleh operator, tetapi ia tidak mengetahui penambahan pasti dibanding tahun lalu.

“Kalau ada bolong bisa ditambal dengan mobile BTS, misalnya di jalan fungsional, belum 100 persen, tapi jalan bisa dipakai dan aman,” kata Rudiantara.

Ia menuturkan fokus pengecekan adalah di jalan tol baru karena semua mudik mayoritas berhenti di Jawa Tengah, sementara di Jawa Timur hanya sedikit.

“Dan kami juga konsentrasi di rest area, karena potensi terjadi penumpukan di rest area,” ucap Menkominfo.

Parameter jaringan yang akan diuji di antara nya adalah cakupan jaringan dan kualitas sinyal seluler.

Untuk layanan telepon dasar adalah tingkat kesuksesan panggilan serta kontinuitas panggilan dalam satu operator seluler mau pun lintas operator seluler.

Untuk layanan pesan singkat adalah tingkat kesuksesan pengiriman pesan dalam satu operator seluler mau pun lintas operator seluler dan untuk layanan “mobile internet” dari tingkat kesuksesan akses internet serta kualitas layanan internet.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here