Mesin Pemblokir IMEI Ponsel Ilegal Segera Digunakan

Blokir IMEI
Mesin blokir IMEI akan berjalan Agustus. Ponsel ilegal tak bisa digunakan.ist

Batamxinwen, Batam – Mesin pemblokir IMEI akan berjalan optimal Agustus tahun ini. Sehingga ponsel ilegal tidak bisa digunakan.

Mesin pemblokir IMEI yakni Centralized Equipment Identity Register (CEIR) yang akan berfungsi memblokir ponsel ilegal versi cloud.

Saat ini sedang diuji coba, dan diperkirakan berlangsung hingga awal Juli mendatang.

CEIR versi cloud ini digunakan sambil menanti CEIR versi perangkat keras, yang saat ini masih terkendala karena pandemi Covid-19.

Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nur Akbar Said, menyatakan CEIR versi cloud maupun hardware memiliki fungsi yang sama.

Kejagung Tetapkan 4 Pejabat Bea Cukai Batam Jadi Tersangka Kasus Impor Tekstil

“Antara CEIR Cloud dan CEIR hardware memiliki fungsi yang sama persis dan bisa melakukan juga pemblokiran IMEI,” kata Akbar dalam diskusi online “Membangun Komitmen Bersama Terapkan Aturan Validasi IMEI”, Rabu, 24 Juni 2020.

Pelaksana tugas Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian, Achmad Rodjih, dalam diskusi yang sama, menjelaskan CEIR saat ini masih berada di operator seluler Telkomsel dan akan diserahkan kepada Kemenperin.

“Sistem yang akan dijalankan sementara waktu adalah cloud computing karena perangkat fisik untuk memasang sistem CEIR direncanakan tiba di Indonesia sekitar bulan Agustus 2020,” kata Rodjih.

Menurut jadwal, CEIR hardware akan optimal pada 24 Agustus, namun kementerian mengupayakan agar sistem tersebut dapat digunakan lebih cepat.

Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia, Danny Buldansyah, membenarkan saat ini sedang ada uji coba fungsi CEIR cloud dan mengupayakan pengguna nomor seluler tidak terdampak uji coba ini.

ANTARA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here