Pohon Tabebuya yang mirip dengan pohon Sakura tumbuh cantik menghiasi sepanjang jalan trotoar kawasan industri Batamindo Batam,(11/3),Foto: Bintang

Batamxinwen, Batam – Pemandangan ribuan bunga warna jingga yang berguguran di tanah di Kawasan Industri Batamindo membuat yang melihatnya serasa berada di Negeri Sakura pada musim gugur.

Bunga yang berguguran mirip bunga Sakura itu berasal dari pohon Tabebuya yang mirip dengan pohon Sakura.

Menurut General Manager Affair Batamindo, Tjaw Hioeng, di kawasn Batamindo ada sekitar 1.836 pohon yang ditanam sejak tahun 1993 silam.

“Pohon ini berbunga hanya dua tahun sekali. Dan tidak ada hari pasti kapan bunganya mekar,” kata Tjaw Hioeng.

Saat bunga Tabebuya bermekaran dan gugur, moment indah ini selalu diabadikan para pekerja di Batamindo maupun warga lain sebagai latarbelakang berswafoto.

Selain di Kawasan Batamindo pohon Tabebuya juga ditanam di Taman Aspirasi DPRD Kota Batam. Di taman Aspirasi bunga Tabebuya berwarna kuning.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi mengatakan, saat ini, pohon tabebuya banyak ditanam di Kebun Raya Batam di Nongsa. Pihaknya juga berencana untuk memperbanyak pohon Tabebuya.

”Kita akan cari lokasi yang pas untuk pohon itu,” jelas Eryudhi.

Pohon berbatang keras ini juga sempat viral di Surabaya, Warna bunganya yang berbeda-beda. kuning, merah muda, putih, merah, dan magenta menambah nilai estetika kota.

Pohon ini memiliki nama latin Tabebuia rosea. Selain memiliki bunga yang indah, Tabebuya juga berfungsi untuk penyerapan karbon dari polusi kendaraan. (bintang)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here