ilustrasi

Batamxinwen, Batam – Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Hang Nadim Batam, Suratman menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai perubahan cuaca penghujung tahun 2019.

Dimana kata dia, pihaknya memprediksi pada akhir tahun wilayah Kepri akan didominasi oleh hujan dengan angin yang bertiup kencang dari arah utara.

“Walaupun tidak merata, dengan intensitas ringan-sedang hingga lebat di sertai angin kencang yang bertiup dari arah utara atau biasa disebut angin utara,” ujarnya saat dihubungi, Jum’at (6/12).

Lanjutnya, perubahan cuaca yang memasuki musim utara ini menyebabkan arus dan gelombang tinggi hingga mencapai 6 meter. Selain itu ungkapnya, tidak hanya dapat mengganggu aktifitas di laut saja, namun juga menghambatnya lalulintas darat dan udara.

“Yang perlu diwaspadai dari angin utara yaitu peningkatan gelombang tinggi terutama di laut beberapa wilayah di Kepri yang diperkirakan antara 2.5 meter – 5 meter. Bahkan di laut Natuna ombak sudah setinggi 6 meter,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat Kepri khususnya Batam, untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar rumah, terutama bagi masyarakat pesisir yang sehari- hari bersentuhan dengan laut.

“Bahkan menurut data kami, laut Natuna Utara sekarang diperkirakan ombak sudah mencapai setinggi 6 meter,” pungkasnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here