Pakai Kacamata Hitam Saat Mudik dan Libur Lebaran, Ini Plus Minusnya

Ilustrasi (shutterstock/Repro Kompas.com)

Batamxinwen – Seringkali kita milihat banyak orang menggunakan kacamata hitam. Ada beragam alasan bagi penggunanya, mulai dari faktor kesehatan hingga sebagai lifestyle saja. Bagi yang akan mudik dan berliburan selama lebaran nanti, kacamata hitam biasa akan menjadi barang aksesoris yang sering dibawa.

Manfaat yang paling penting dari penggunaan kacamata hitam ialah untuk menghalau silau dan melindungi mata dari paparan sinar matahari. Namun, ada juga bahayanya bila salah memilih kacamata hitam atau salah memanfaatkannya.

Tidak semua kacamata hitam memiliki manfaat dan kualitas yang sama. Kita mungkin tergoda untuk memilih kacamata hitam dengan harga yang murah. Toh, terlihat keren juga saat dipakai. Kacamata hitam dengan harga murah bisa saja tidak melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Dalam jangka panjang, hal ini merugikan kesehatan mata, salah satunya adalah mempercepat timbulnya katarak. Bahaya lain adalah menyebabkan kulit di area mata terbakar karena cahaya bisa memantul di permukaan belakang lensa.

“Banyak kacamata hitam murah hanya dilapisi di bagian depan lensa, bukan bagian belakang,” kata dokter mata Janelle Routhier, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Pantulan cahaya tersebut tak hanya merusak mata tetapi juga kulit halus di sekitar mata kita, yang bisa mempercepat keriput. Routhier merekomendasikan kita untuk memakai kacamata dengan lensa polarisasi Xperio, yang memiliki lapisan UV di bagian belakang.

Kacamata semacam ini juga disediakan oleh dokter mata. Menurut Routhier, salah memilih kacamata juga bisa membuat mata memerah karena peradangan. Hal ini membuat mata terasa menyakitkan, berair dan gatal serta disertai sensasi terbakar.

Gejala semacam ini bisa terjadi ketika bagian depan mata, yaitu kornea, terbakar oleh sinar UV dan bisa membuat kita tak bisa membuka mata.

“Secara umum, dibutuhkan sekitar 24 jam untuk menyembuhkannya, dan menggunakan tetes air mata buatan,” katanya.

Routhier juga mengatakan, ada beberapa kacamata hitam yang memiliki manfaat lebih baik daripada tidak memakainya. Namun, memakai kacamata murah tetap lebih baik daripada kita harus menyipitkan mata karena matahari yang terlalu silau. Tambahkan dengan tabir surya dan topi yang melindungi area mata.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here