Pecah Rekor, 408 Warga Batam Ikut Donor Darah PSMTI

Batamxinwen-Batam, Dalam rangka memperingati 21 tahun berdirinya Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), DPD PSMTI Batam dan Kepri bekerja sama dengan PMI Kota Batam menggelar kegiatan sosial donor darah, di Citywalk Mall, Kota Batam, Minggu (23/11).

Perhelatan ini juga didukung oleh sejumlah paguyuban marga Tionghoa di kota yang dijuluki Bandar Dunia Madani ini. Ratusan masyarakat Batam dan sekitarnya tampak menunggu giliran untuk menyumbangkan darahnya.

“Hari ini ada sekitar 408 warga ikut mendaftar, setelah diseleksi oleh PMI, sekitar 200 lebih warga berhasil mendonorkan darahnya,” kata Ketua Panitia Delviana kepada Batamxinwen.com, di lokasi donor darah.

Menurut Delviana, kegiatan sosial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-21 PSMTI yang berdiri pada 28 September 1998.

“Semoga ke depan, semakin banyak warga tahu manfaatnya dan bersedia menyumbangkan darahnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Kota Batam Hendra Asman menyatakan apresiasi dan kekaguman kepada warga Batam pada khususnya dan Kepri pada umumnya karena menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk berpartisipasi dalam donor darah tersebut.

“Saya melihat kegiatan hari ini begitu istimewa, karena warga begitu antusias untuk ambil bagian dalam donor darah hari ini,” ucap Hendra.

Dia juga berharap, semangat kebersamaan yang terbina dapat dirawat dan dilestarikan secara berkesinambungan, demi kemaslahatan bangsa.

“Ini harus diapresiasi,” lanjutnya, “saya berharap ini bisa terus dirawat dan dijaga, sehingga masyarakat bisa merasakan kebersamaan itu begitu indah, seperti yang terlihat pada hari ini.”

Eddy Hussy, Sekjen DPP PSMTI sekaligus Ketua DPD Kepri, memberikan apresiasi kepada PSMTI Kota Batam dan paguyuban pendukung lain yang menyukseskan donor darah tersebut.

“PSMTI Batam memang tiap tahun 4 kali menyelenggarakan donor darah, dan kali ini lebih istimewa karena masyarakat begitu membludak, sampai saat ini masih banyak antri,” ujar Eddy.

Salah satu warga Seipanas Desi yang turut mendonorkan darahnya menyatakan bahagia bisa berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan yang diselenggarkan PSMTI Batam.

“Saya diajak teman, niatnya untuk membantu saja. Untuk kemanusiaan dan kebersamaan, senang sih bisa ikut,” tutur wanita yang sabar menunggu gilirannya untuk donor darah.

Menurutnya, kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang cukup positif untuk dikembangluaskan ke depan, karena dapat membantu sesama itu.

“Harapan saya ke depan bisa lebih baik, bisa membantu yang kekurangan dan membutuhkan darah,” ujarnya.

Di samping itu, Ilma dan Rika, dua sahabat yang hadir, juga menyatakan kegembiraannya untuk berpartisipasi dalam donor darah yang diselenggarakan dalam pusat perbelanjaan.

“Kami dari sekitar pukul 12.30 sudah tunggu, sekarang sudah 13.30, hampir 1 jam kami tunggu, tetapi kami tetap senang bisa membantu kegiatan kemanusiaan,” ujar Ilma.

Wanita muda ini juga berharap dapat terus ikut serta dalam kegiatan donor darah yang digelar oleh PSMTI Batam. (Ependi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here