Foto : Trie/BX

BatamXinwen, Karimun – Saat ini proses pembangunan pelabuhan penumpang di Tanjung Penagak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun masih terus berjalan.

Ada tiga instansi yang akan mengelola pelabuhan tersebut, diantaranya Panbil Grub, Pemerintah Daerah dan pihak PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun.

“Ada tiga pengelola nantinya, kalau dari pihak Pelindo sendiri cuma mengelola di bagian terminal pelabuhan domestik dan internasional,” ujar General Manager PT Pelindo I Tanjungbalai Karimun Syahri Ramadan,” Sabtu (17/11).

Saat ini pihak Pelindo masih mempersiapkan izin-izin rencana induk pelabuhan, dan pihak Panbil masih mempersiapkan pembangunan pelabuhan. Diprediksikan, proses penyelesaian pembangunan pelabuhan tersebut akan rampung pada tahun 2020.

“Mudah-mudahan terealisasi. Sepanjang legalitas dalam on progres selesai, di tahun 2020 sudah bisa beroperasi,” tambahnya.

Untuk pelabuhan yang baru, Syahri menyebutkan akan memberlakukan sistem baru pada pas pelabuhan.

“Kita nanti coba pakai pass pelabuhan dengan sistem elektronik. Kita juga masih menunggu realisasi dari PT Pelindo Pusat mengenai penggunakan pass, tiket dan berting atau sandar kapal dengan sistem elektronik,” katanya lagi. (trie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here