Sapi kurban

Batamxinwen, Tanjungpinang – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Pemko Tanjungpinang menggelar pelatihan untuk 25 orang tentang penyembelihan hewan kurban.

Peserta pelatihan merupakan utusan dari empat kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang. Selama tiga hari, dimulai Selasa (23/7/2019), mereka diberi pengetahuan (teori dan praktik) mengenai tata cara memotong hewan yang baik, hewan tidak mengalami penyiksaan, hingga kepada tata cara memilah daging.

Kepala Kantor DP3 Kota Tanjungpinang,  Ahadi menjelaskan, Pelatihan dilaksanakan dalam rangka persiapan Idul Adha 2019, sekaligus pemberian sertifikasi kepda penyembelih hewan di Tanjungpinang.

Para peserta dibimbing oleh nara sumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Bogor.

Meneurut Ahadi, Bimtek ini dilaksanakan agar penyemblihan hewan kurban nantinya dapat melaksanakan penyembelihan sesuai syariat sehingga hewan yang disembelih aman dan halal untuk dikonsumsi.

“Ini supaya 25 utusan dari empat kecamatan yang ada di Tanjungpinang ini bisa memiliki kompetensi penyembelih hewan yang sehat dan halal,” jelas Ahadi.

Para peserta pelatihan disebut Ahadi merupakan utusan dari masing-masing kelurahan berdasar kriteria. Salah satunya adalah sudah dipercaya melakukan penyemblihan.

“Walaupun sudah terbiasa, tapi mereka belum memiliki kompetensi,” tutup Ahadi. (Kepriprov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here