Batamxinwen, Tanjugpinang – Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjugpinang Barat, menangkap dua pelaku pengedar uang palsu pecahan Rp50 ribu di daerah itu. Pelaku yang ditangkap petugas masing-masing berinsial AZ (20) dan AG (23).

Aksi yang dilakukan dua saudara ini terbongkar saat salah seorangnya yaitu AZ melakukan transaksi pembelian rokok di sebuah kios dan makan di sebuah warung di seputaran jalan Agus Salim Kelurahan Tanjungpinang Barat.

“Saat transaksi itulah pemilik warung melihat uang yang dipakai AZ berbeda dan agak pucat warnanya. Curiga dengan keaslian uang pecahan Rp50 ribu itu, warga pun melapor ke aparat,” kata Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Firudin.

Petugas polsek lalu melakukan penangkapan tersangka di warung tanpa perlawanan.

Dari pengembangan penangkapan AZ itulah, terbongkar nama lain pengedar uang palsu yaitu AG.

“Kedua tersangka juga mengaku masih ada rekannya yang lain berinsial DF yang saat ini masih dalam pengejaran petugas,” katanya.

Kedua tersangka yang saat ini sedang dalam penanganan penyidik tersebut dikenakan Pasal 26 ayat 2 dan 3 junto pasal 36 ayat 2 (4), UU RI nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dan denda paling banyak 10 miliar. (Yuli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here