BatamXinwen, Tanjungpinang – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tanjungpinang dikukuhkan setelah melaksanakan latihan dan penggemblengan selama kurang lebih satu bulan, Rabu (15/8) di Aula Lantai III Kantor Walikota Tanjungpinang.

Panita pelaksana upacara memilih 32 pelajar di Kota Tanjungpinang yang telah memenuhi syarat tertentu, baik fisik maupun mental untuk diberi kepercayaan dan kehormatan menjadi Paskibraka pada upacara hari kemerdekaan ke-73.

Sebelum dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka, para pelajar tersebut mengucapkan ikrar kesetiaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kesiapan untuk menjadi putra dan putri penerus perjuangan bangsa.

“Paskibraka dituntut agar berperan sebagai kontrol sosial yang diwujudkan melalui penguatan wawasan kebangsaan dan pengetahuan akan potensi daerah,” kata Penjabat Walikota Tanjungpinang Raja Ariza.

Ia mengatakan bahwa peran anggota Paskibraka tidak hanya selesai setelah mengibarkan dan menurunkan bendera, namun peran aktif sebagai bagian dari aset penting negara yang diharapkan menjadi tauladan dan contoh bagi pelajar atau pemuda lainnya dalam memerankan perannya sebagai kekuatan moral.

“Semoga dengan pengukuhan ini diharapkan dapat memperoleh hasil yang maksimal serta dapat memberikan kemajuan yang positif dan signifikan bagi kemajuan kota Tanjungpinang,” ujarnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here