Penguatan Karakter, Puluhan Siswa Ikuti Pembekalan Pramuka

Batamxinwen, Batam – Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menggandeng Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kepri memberi pembekalan kepada puluhan siswa Pramuka, Kamis (27/7) di Hotel Golden View.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu untuk memberikan pemahaman dan pendidikan karakter kepada para perwakilan siswa dari Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Anambas dan Natuna.

Komisioner KPPAD Kepri Erry Syahrial mengatakan, dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mengurangi keterlibatan para pelajar dalam kegiatan kriminal hingga radikal.

“Pada kegiatan ini kami mengajak anak-anak ini dapat menghadapi krisis identitas, krisis karakter dan krisis ideologi,” kata Erry.

Hal itu berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menggandeng Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kepri, memberi pembekalan kepada puluhan siswa Pramuka, Kamis (27/7) di Hotel Golden View.

Selain penguatan pendidikan karakter, Komisioner KPPAD dua periode ini juga menyampaikan akan bahayanya penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA), serta Pornografi di Kalangan Pelajar.

“Nantinya kami harap pelajar-pelajar ini mampu memiliki kecakapan kinestesis yang dicirikan dari sifat peduli, demokratis, gotong royong dan slaig menolong,” jelas Erry.

Kegiatan ini merupakan salah satu proses seleksi para pelajar seluruh Kepri untuk menjadi perwakilan di kegitan pramuka tingkat Nasional. Para pelajar berlomba-lomba dalam prosesi tanya jawab agar bisa menjadi yang terbaik.(adt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here