BatamXinwen, Bintan – Keberadaan kelompok tani di Kabupaten Bintan memang tidak dapat dibandingkan dengan kelompok tani di wilayah potensi tani lainnya. Untuk itulah, kelembagaan petani yang ada di Bintan terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, menegaskan bahwa pemberdayaan kelompok tani harus terstruktur dan terorganisir dengan skema yang baik. Lanjutnya lagi, perhatian dan bantuan sebesar apapun dari Pemerintah Daerah tidak akan memberikan peningkatan signifikan kepada kelompok tani jika tidak ada manajemen yang baik dari kelompok tani itu sendiri.

“Bantuan yang besar tidak akan bermanfaat besar jika tidak dikelola dengan benar. Harapan kami, masyarakat tani bisa mengelola dengan baik setiap bantuan yang diterima, dengan maksud untuk kesejahteraan mereka sendiri dan pengembangan sektor pertanian di Bintan” ujar Dalmasri saat menghadiri Sarahsehan petani di Aula Kantor Desa Lancang Kuning, Senin (20/8).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan Supriyono, M.Si dalam laporannya menjelaskan adanya peningkatan sektor pertanian di Bintan. Peningkatan itu terjadi dalam segi perkembangan jenis tanaman pertanian dan perkebunan.

“Peningkatan sudah mulai terlihat, ke depan ini terus kita tingkatkan. Fokus selanjutnya Pemerintah Daerah akan melakukan pembinaan agar masyarakat tani mampu membaca situasi pasar untuk distribusi hasil pertaniannya”, Jelasnya.

Khairil, salah seorang petani Desa Sungai Lepan yang hadir dalam sarasehan ini membeberkan berbagai harapan para petani yang diwakilinya. Dengan lugas Khairil mengatakan bahwa keinginan pata petani yang terbesar adalah pengarahan distribusi hasil panen dan stabilitas harga pasar.

Untuk itulah dirinya ingin melakukan diskusi dengan Pemerintah Daerah guna mendapat pengarahan. “Asal harga pada stabil, petani pasti lebih semangat. Sampai saat ini bersyukur kami atas begitu banyaknya perhatian kepada kami. Untuk ke depan semoga terus hadir perhatian ini dan kami bisa benar-benar mengembangkan pertanian yang memang menjadi keahlian dan mata pencaharian kami” tutupnya.(And).

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here