BatamXinwen, Batam – China akan memberi lampu hijau bagi institusi medis untuk melakukan layanan medis Internet sebagai bagian dari dorongan yang lebih luas untuk mempromosikan layanan kesehatan Internet Plus.

Lembaga medis akan diizinkan untuk menyediakan layanan diagnostik online untuk beberapa penyakit umum dan kronis dalam kunjungan pasien ke dokter mereka, menurut pernyataan yang dirilis setelah pertemuan eksekutif Dewan Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Keqiang Kamis sebagaimana dilansir xinhuanet.

Dua tingkat teratas rumah sakit dalam sistem rumah sakit tiga tingkat negara didorong untuk menyediakan layanan online termasuk reservasi konsultasi dan pertanyaan hasil tes.

“Pengembangan Internet Plus Healthcare adalah inisiatif utama untuk meningkatkan layanan kesehatan publik negara kami. Ini juga akan membantu memfasilitasi perkembangan ekonomi dan sosial secara keseluruhan,” kata Li.

“Ketika Cina bergabung dengan jajaran negara-negara berpenghasilan menengah, permintaan untuk layanan kesehatan telah meningkat secara substansial. Internet Plus Healthcare dapat membantu meringankan masalah layanan kesehatan publik yang tidak dapat diakses dan mahal yang telah lama menjadi perhatian besar bagi masyarakat umum,” dia berkata.

Menurut Cetak Biru Sehat Cina 2030 yang dirilis pada Oktober 2016, upaya akan dilakukan untuk mendorong industri baru, bentuk-bentuk baru dan model bisnis di sektor kesehatan dan untuk mengembangkan layanan kesehatan berbasis Internet.

Tinjauan cerdas untuk asuransi kesehatan akan diterapkan dengan penuh semangat dan penyelesaian satu atap akan dibawa ke depan.Pembagian penjualan obat resep dan penjualan obat-obatan secara real-time dalam institusi medis akan dieksplorasi. Sistem standar kesehatan Internet Plus akan lebih disempurnakan, menurut pernyataan itu.

China akan mempercepat inter-konektivitas dan berbagi informasi medis, dan meningkatkan pengawasan kualitas layanan medis dan keamanan informasi.

“Kita tidak perlu membuang waktu dalam mendorong langkah-langkah setelah keputusan dibuat. Dalam beberapa tahun terakhir, rumah sakit tingkat atas di kota-kota besar telah melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah pasien rawat jalan. Tagihan medis menjadi beban berat bagi keluarga, dan sumber daya medis high-end masih gagal memenuhi permintaan publik yang terus meningkat, “kata Li.

Dia mengatakan bahwa untuk memecahkan masalah, pendekatan dua arah harus diambil.

Salah satunya adalah untuk membangun kemitraan medis seperti konsorsium kesehatan untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara rumah sakit besar dan klinik masyarakat.

Yang lain adalah untuk memajukan Internet Plus Healthcare untuk memfasilitasi pembagian sumber daya medis yang berkualitas.

Pemerintah akan memastikan bahwa layanan kesehatan jarak jauh mencakup semua konsorsium kesehatan dan rumah sakit tingkat daerah, dan sumber daya medis yang berkualitas di wilayah timur negara itu juga tersedia untuk wilayah tengah dan barat.

Lebih banyak upaya akan dilakukan untuk memastikan bahwa jaringan broadband berkecepatan tinggi akan diperluas untuk mencakup institusi medis di semua tingkat di daerah perkotaan dan pedesaan. Layanan akses Internet khusus akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan layanan perawatan kesehatan jarak jauh.

“Apa pun yang melibatkan kehidupan manusia adalah yang paling penting. Pemerintah harus meningkatkan dukungan keuangan untuk membangun layanan akses Internet khusus untuk tujuan medis dan meningkatkan pasokan peralatan medis kelas atas di rumah sakit pusat di daerah terpencil,” kata Li.

“Sementara itu, pemerintah harus memberlakukan kebijakan pendukung yang terkait, melakukan pengawasan yang hati-hati dan membentuk mekanisme yang berkelanjutan untuk secara efektif menangani masalah penting dari kesejahteraan publik,” tambah Li.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here