Foto : istimewa

BatamXinwen, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kepri ke 16. Forum Pemuda Sulawesi selatan (FPSS) Kota Tanjungpinang, menggelar kegiatan bakti sosial dan berziarah ke makam leluhur, Minggu (23/09).

Kegiatan bakti sosial (baksos) ini meliputi pembersihan di makam Opu Daeng Celak, makam opu Daeng Marewa, makam Putik, berparit dan kunjungan ke makam panglima hitam. Hadir dalam kegiatan tersebut, istri Gubernur Kepri, Hj Noorliza Nurdin.

Selain itu turut hadir Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Ashadi selayar, Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Ridwan Hamta serta para undangan perkumpulan Indonesia Timur (Perkit) Kota Tanjungpinang, Generasi fisabilillah, pemangku adat ulu riau dan perwakilan BEM universitas di kepri.

“Baksos ini merupakan agenda rutin yang kami laksanakan setiap tahun dan kegiatan ini disambut baik oleh tamu undangan. Ini juga sebagai bentuk penghargaan kami terhadap leluhur dan sebagai bangsa yang tidak melupakan sejarah,” ujar ketua FPSS Tanjungpinang, Imam.

Dikatakan Imam, pihaknya dalam diskusi budaya sepakat untuk menambahkan penyebutan Opu di depan nama leluhur seperti Daeng Celak, Daeng Marewa yang merupakan Bangsawan Bugis di tanah Melayu.

“Ini sebagai bentuk mengembalikan Marwah mereka. Maka dari itu kami sepakat menambahkan Opu (leluhur) didepan nama mereka,” katanya.

Selain itu, sambung Imam, implementasi dari penyebutan Opu rencananya juga akan ditempatkan pada papan nama jalan.

“Terkait untuk diletakkan di papan nama jalan. Kami telah saling berkoordinasi dengan pihak terkait. Ini juga salah satu cara untuk pelestarian cagar budaya serta pembenahannnya,” ucapnya. (yli)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini