Rahma Secara Resmi Menjabat Wali Kota Tanjungpinang Definitif, yang Dilantik Oleh Gubernur Kepri, Isdianto, di Gedung Daerah Tanjungpinang/BX/Ist

Batamxinwen, Tanjungpinang – Sejarah baru tercipta di kota Tanjungpinang. Senin (21/09/2020), Rahma secara resmi menjabat Walikota Tanjungpinang definitif, yang dilantik oleh Gubernur Kepri, Isdianto, di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Sebelumnya, Rahma menjabat Wakil Walikota Tanjungpinang, kemudian ditunjuk sebagai Plt. Wali Kota Tanjungpinang. Pelantikan Rahma sebagai Walikota Tanjungpinang untuk menggantikan posisi Alm. Syahrul, Walikota Tanjungpinang sebelumnya, yang wafat dalam tugas, pada bulan April 2020 lalu.

Meski namanya tidak setenar politisi lain di panggung politik, namun Rahma merupakan tokoh perempuan yang aktif dalam berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan, dengan terlibat di sejumlah organisasi perempuan dan profesi, bahkan menjadi salah seorang perempuan Indonesia yang ikut dalam pergerakan perempuan melawan korupsi.

Rahma juga tercatat sebagai Ketua Pengajian Nur Rahmah Kota Tanjungpinang, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Tanjungpinang (2017), Pembina PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Kota Tanjungpinang.

Dalam kegiatan keagamaan, nama Rahma juga masuk di jajaran Pengurus MUI Kota Tanjungpinang dan Pengurus Fatayat NU Kota Tanjungpinang.

Rahma memulai karir politik sejak tahun 2008 lalu. Namun perjalanan politiknya tidak secerah nasibnya saat ini, yang menjabat Wali Kota Tanjungpinang, karena panggung politiknya diwarnai kontroversi. Apalagi ia beberapa kali berpindah-pindah partai. Awalnya bergabung dengan partai Hanura, lalu pindah ke PDIP yang sekaligus mengantarkan dirinya menjadi anggota DPRD Kota Tanjungpinang pada saat Pemilu Tahun 2014.

Langkah politik Rahma terbilang sangat berani untuk maju mendampingi Syahrul mendaftarkan diri pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang. Tentu saja konsekuensinya cukup berat, namun hal itu tidak menyurutkan niat Rahma untuk mengabdi pada masyarakat Kota Tanjungpinang.

Meski melalui banyak rintangan, namun nasib baik berpihak kepada Rahma. KPU Tanjungpinang akhirnya menetapkan Syahrul – Rahma sebagai pasangan calon di pemilihan kepala daerah Kota Tanjungpinang. Perjalanan Rahma menuju panggung Pilkada Tanjungpinang yang sangat fenomenal itu, justru membuat namanya semakin tenar dan dikenal luas di tengah masyarakat Tanjungpinang.

Namun takdir berkata lain, Walikota Syahrul yang baru menjabat 19 bulan, dipanggil Sang Kuasa. Syahrul wafat pada 28 April 2020 saat masih menjabat sebagai Walikota Tanjungpinang. Selanjutnya, Gubernur Kepri menununjuk Rahma sebagai Plt. Walikota Tanjungpinang, untuk memimpin roda pemerintahan di Kota Tanjungpinang.

Rahma Secara Resmi Menjabat Wali Kota Tanjungpinang Definitif, yang Dilantik Oleh Gubernur Kepri, Isdianto, di Gedung Daerah Tanjungpinang/BX/Ist

SK pengangkatan Rahma sebagai Walikota Tanjungpinang definitif terbit dari Kemendagri. Sehingga, pada Senin (21/9) Rahma resmi dilantik sebagai Walikota Tanjungpinang oleh Gubernur Kepri Isdianto, sebagaimana yang diamanatkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 131.21-2843 tahun 2020 Tentang Pengesahan Pengangkatan Walikota dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Walikota Tanjungpinang.

Profil Rahma

Lahir pada 11 Mei 1975 di Sungai Danai, Guntung, Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Merupakan putri ke tiga dari empat bersaudara dan memiliki saudara kembar bernama Rohani.

Pasangan H.Abdul Gani dan Hj.Sairah yang hidup dalam kesederhanaan ini tinggal di sebuah dusun kecil di Provinsi Riau.

Masa kecil Rahma, dihabiskan di kampung halamannya tersebut, Sungai Danai. Menjalani pendidikan dasar pada SDN 003 Sungai Danai.

Melanjutkan pendidikan tingkat menengahnya, Rahma tempuh di MTsN Tanjung Batu, Kabupaten Karimun. Kemudian untuk pendidikan tingkat atas, Rahma mengenyam pendidikan di MAN Tanjung Batu dan kemudian hijrah ke Kota Tanjungpinang.

Rahma Secara Resmi Menjabat Wali Kota Tanjungpinang Definitif, yang Dilantik Oleh Gubernur Kepri, Isdianto, di Gedung Daerah Tanjungpinang/BX/Ist

Rahma menikah dengan M.Agung Wira Dharma dan memilih untuk menetap di Kota Tanjungpinang hingga sekarang.

Selamat bekerja, semoga amanah mengemban tugas dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk Kota Tanjungpinang yang tercinta ini. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here