ist

Batamxinwen, Pekanbaru – Untuk mengamankan pasokan listrik pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) selama 24 jam di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) menyiagakan 98 posko yang tersebar di berbagai wilayah.

Hal itu dikatakan oleh General Manager PT PLN (Persero) unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Daru Tri Tjahjono usai gelar pasukan dan peralatan siaga Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Gardu Induk Pasir Putih, Jumat (13/12/2019).

Ia mengatakan dari 98 posko tersebut, terdiri atas 748 personil pelayanan teknik, 123 armada roda empat, 71 armada roda dua, dan 43 tim unit reaksi cepat (URC).

“748 personil tersebut akan berjaga penuh 24 jam dalam waktu siaga, yaitu satu pekan jelang natal dan juga satu pekan setelah tahun baru berlangsung,” katanya.

Dia menjelaskan seluruh personil akan dimaksimalkan dalam mengamankan pasokan listrik.

“Saat ini pasokan listrik di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau berada dalam posisi kapasitas daya yang cukup dan aman,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik Provinsi Riau yang memiliki lebih dari 1.706.981 pelanggan dengan  beban puncak sebesar 880 MVA, daya listrik disuplai dari Sistem Grid Sumatera melalui 17 Gardu Induk tersebar dengan kapasitas daya 1.480 MVA.

“Sementara untuk keandalan pasokan listrik di Proinsi Kepulauan Riau, dengan jumlah pelanggan sebanyak lebih dari 260 ribu pelanggan dengan beban puncak sebesar 150 MVA, pasokan listrik dipasok melalui Sistem Isolated dan Sistem Interkoneksi Batam-Bintan dengan kapasitas daya 370 MVA, sehingga keandalan pasokan listrik baik di Provinsi Riau maupun Provinsi Kepulauan Riau menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam kondisi  aman,” ujarnya.

Sebelum menjelang Nataru, PLN juga telah melakukan langkah-langkah preventif upaya meminimalisir gangguan. Diantaranya melaksanakan gelar pasukan, pemeliharaan jaringan, kesiapan pembangkit, gardu induk dan transmisi serta jaringan distribusi.

“Banyak persiapan yang dilakukan untuk menjaga pasokan listrik aman, langkah-langkah preventif juga dipersiapkan untuk meminimalisir gangguan, seperti melakukan pemeliharaan jaringan. Harapannya Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan khidmat dan aktivitas masyarakat tidak terganggu,” katanya.

Hadir dalam gelar pasukan dan peralatan siaga Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 PT PLN (Persero) Unit Induk P3BS, diwakili SRM Sistem Transmisi, Abdul Salam Nganro, PT PLN (Persero) Unit  Induk Pembangunan Sumbagteng, PT PLN (Persero) UIKSBU diwakili Manager UPDK Pekanbaru Rahmad Dian Amir, pasukan siaga PLN Riau dan hadir juga  perwakilan Komandan Batalyon Arhanud 13/PBY Pekanbaru.(*)

Sumber: rricoid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here