Kepri ‘Tangkap’ Sampah Sungai Bengkong di Hari Peduli Sampah 2019

Batamxinwen, Batam – Sempena Hari Peduli Sampah Nasional Polda Kepri memperingatinya dengan menggelar Apel Hari Peduli Sampah 2019 yang bertemakan ‘Kelola Sampah untuk Hidup yang Lebih Bernilai’, Kamis (21/2) pagi.

Apel yang melibatkan personil TNI-Poliri, LSM, pelajar dan ormas Perpat serta Melayu Raya itu dilaksanakan di bantaran sungai Bengkong, Bengkong Sadai, Kecamatan Bengkong itu dipimpin langsung Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto didampingi Wakilnya Brigjen Pol Yan Fitri.

Apel kemudian dilanjutkan dengan kegiatan membersihkan aliran dan bantaran sungai Bengkong yang selama ini dipenuhi sampah.

Untuk membersihkan sampah di aliran sungai Polda Kepri menurunkan beberap perahu karet untuk membersihkan sampah di sungai yang warna airnya menghitam karena sampah itu.

Di sela pembersihan sungai Bengkong dari sampah, Irjen Andap mengatakan, banyaknya sampah di sungai merupakan bentuk kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah.

“Mulai sekarang mari kita peduli terhadap sampah. Jangan buang sampah sembarangan,” kata Andap.

Dalam kesempatan yang sama Brigjen Yan Fitri mengajak semua masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai agar tercipta lingkungan yang teratur dan indah.

“Batam sebagai etalase negeri mari kita jadikan momentum Hari Peduli Sampah 2019 ini untuk mencitptakan Batam yang bersih,” kata Yan Fitri.

Kegiatan bersih-bersih aliran dan bantaran sungai Bengkong itu juga didukung oleh jajaran Lanal Batam, Dinas Lingkungan Hidup, dan Polresta Barelang dan masyarakat Bengkong.

Sejak pagi, petugas kebersihan DLH telah mengangkut bertruk-truk sampah yang dikumpulkan dari aliran dan sekitar bantaran sungai. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here