Polisi Ciduk Ekpedisi J&T Kirim Barang Melalui Pelabuhan Tikus Tanjung Uma

Ekpedisi J&T melakukan pengiriman barang dengan cara menyelundup dari perairan Tanjung Tritip (Tanjung Uma) dengan tujuan Tanjung Balai Karimun,

Batamxinwen, Batam – Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kepri menciduk ekpedisi J&T melakukan pengiriman barang dengan cara menyelundup dari perairan Tanjung Tritip (Tanjung Uma) dengan tujuan Tanjung Balai Karimun, Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.

Hal ini diungkapkan oleh Dirpolairud Polda Kepri, Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom melalui Kasubdit Gakkum Polairud Polda Kepri, AKBP Nulhakim Nurochman kepada awak media ketika dikonfirmasi, Senin (3/5/2021).

Kata dia, pada saat itu pihaknya tengah melakukan patroli laut di sekitar perairan tersebut dan menemukan aktivitas mencurigakan dari satu unit Kapal Motor (KM) YSM dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal tersebut.

“Diketahui kapal tersebut dinakhodai oleh FNL dan saat diperiksa barang-barang itu tanpa adanya dokumen Kepabeanan,” ujarnya.

Adapun isi kapal tersebut, kata dia, berisikan barang-barang Fashion seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain yang mempunyai nilai pajak yang lebih tinggi dari pada makanan.

“Jumlahnya ada 30 koli tanpa dilengkapi dengan Dokumen Kepabeanan yang sah dari Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam,” jelasnya. Lanjutnya kata dia, setelah dilakukan pemeriksaan, pada Jumat (30/4/2021) pihaknya melimpahkan kapal KM YSM ini berserta barang buktinya tersebut kepada Bea dan Cukai Batam.

“Karena tidak ada dokumen kepabeanan, maka kapal beserta isinya barang fashion online itu itu diamankan, yakni isinya seperti baju, tas dan sepatu. Selain itu juga diamankan 1 Nakhoda dan 2 Anak Buah Kapal (ABK). Semua yang kita amankan itu sudah kita serahkan kepada Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam guna untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (shafix)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here