Batamxinwen, Jakarta – Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober diperingati Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan menggelar upacara di halaman kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

Namun, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto maupun Wakil Menhan Wahyu Sakti Trenggono tampak tidak berada di lokasi. Upacara dipimpin oleh Kepala Badan Strategis Instalasi Pertahanan (Kabainstrahan) Mayjen TNI Bambang Kusharto.

Dalam amanatnya, Bambang mengucapkan terima kasih kepada para pejuang yang telah mengikrarkan sumpah pemuda.

“Kami sampaikan terima kasih kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI,” ujar Bambang di hadapan jajaran pejabat Kemhan.

Bambang mengatakan, tema peringatan Sumpah Pemuda kali ini adalah ‘Bersatu Kita Maju’. Menurutnya, hanya dengan persatuanlah cita-cita bangsa dapat terwujud.

“Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita bisa mewujudkan cita-cita bangsa,” tuturnya.

Hingga upacara berakhir, tidak ada dua pemimpin Kemhan hadir. Belum ada keterangan resmi terkait ketidakhadiran Prabowo dan Trenggono hari ini.

Meski begitu, sebelumnya Trenggono sempat mengungkapkan pada Senin ini akan menghadiri acara bersama Prabowo di Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat.

“Tadi sempat bertemu di Istana. Beliau ada acara. Tidak bisa ke sini (Kemhan). Hari Senin beliau mengajak saya ke Unhan. Mungkin setelah dari sana (diskusi soal tugas bersama),” ungkap Trenggono usai acara penyambutan di Kemhan, Jumat (25/10).

Prabowo resmi dilantik menjadi Menhan pada Rabu (23/10) lalu. Sedangkan Wahyu ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Wamenhan dan dilantik pada Jumat lalu.(*)

Sumber: kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here