Presiden Joko Widodo atau Jokowi, mendatangi kantor pusat PT PLN (Persero), Jakarta, Senin 5 Agustus 2019. Kedatangan Jokowi ini untuk meminta penjelasan PLN mengenai padamnya listrik di sebagian besar wilayah Pulau Jawa. TEMPO/Subekti.

Batamxinwen, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini Jumat (27/9/2019).

Bahkan, Kepala Negara sendiri yang mengungkapkan akan menemui para aktivis mahasiswa yang menggelar aksi demonstrasi di berbagai daerah tersebut.

“Besok (hari ini-red) kami akan bertemu dengan para mahasiswa terutama dari BEM,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 26 September 2019.

Seperti diketahui, aksi demonstrasi mahasiswa dengan skala yang besar terjadi di hampir seluruh kota-kota yang ada di Indonesia.

Para mahasiswa ini menyampaikan tujuh tuntutan kepada pemerintah. Adapun tujuh tuntutan itu yakni:

1. Mendesak penundaan dan pembahasan ulang pasal-pasal yang bermasalah dalam RKUHP.

2. Mendesak pemerintah dan DPR untuk merevisi UU KPK yang baru saja disahkan dan menolak segala bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

3. Menuntut negara untuk mengusut dan mengadili elit-elit yang bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di Indonesia.

4. Menolak pasal-pasal bermasalah dalam RUU Ketenagakerjaan yang tidak berpihak pada pekerja.

5. Menolak pasal-pasal problematis dalam RUU Pertanahan yang merupakan bentuk penghianatan terhadap semangat reforma agraria.

6. Mendesak pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

7. Mendorong proses demokratisasi di Indonesia dan menghentikan penangkapan aktivis di berbagai sektor.(*)

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here