Marie De La Rousseliere dan Marselinus saat melangsungkan pernikahan di Gereja Katedral ST Petrus, Batam, Senin (25/11). Foto : istimewa

Batamxinwen, Batam – Pernikahan pria asal NTT bernama Marsel (28) dengan bule asal Prancis bernama Marie Lecornu (22) di Gereja Katedral ST Petrus, Batam, Senin (25/11) mendadak viral di media sosial. Wajar saja, pernikahan lintas negara memang tak terlalu banyak terjadi di Indonesia, apalagi Kepri.

Namun, terlepas dari itu. Ternyata ada sebuah kisah yang cukup menarik untuk disimak. Itu adalah bagaimana rumitnya dua sejoli tersebut berjuang, agar dapat meresmikan kasihnya dengan mengucap janji di hadapan Tuhannya.

“Rumitnya itu di pengurusan dokumen. Sempat bingung juga. Iya karena dua negara kan, dan punya saya ada beberapa yang memang harus minta ke kampung (Perancis),” ungkap Marie kepada Batamxinwen saat ditemui di kediaman mertuanya di Tanjung Uma, Batam, Selasa (26/11) kemarin.

Kenang Marie, banyak dokumen yang harus lebih dulu dia lengkapi sebelum mengurus berbagai kebutuhan lain. Hampir satu bulan lamanya dia bolak balik berhubungan dengan kedutaan Perancis di Indonesia, juga telpon orang tuanya di kampung halaman guna mengurus dokumen yang belum lengkap.

Apalagi, yang paling rumit itu juga semua surat tersebut sesuai aturan yang berlaku harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh penerjemah yang disumpah pula. Kemudian dilegalisir oleh Kedutaan Perancis yang ada di Jakarta, Indonesia.

“Banyak sekali, panjang. Tapi semuanya sudah selesai. Banyak yang bantu juga dari keluarga,” kata Marie lagi, sembari mengatakan baru setahun di Indonesia dan tak menyangka bertemu jodohnya di Batam.

Kata Marie, tak ada persoalan yang rumit selain itu. Kalau masalah restu, kedua belah pihak keluarga telah setuju. Karena kedua orang tuanya dulu juga ternyata menikah berbeda negara, jadi pernikahannya bukan hal baru lagi dalam keluarga.

“Ibu asal Norwegia menikah dengan ayah yang asalnya dari Perancis,” sambungnya.

Lanjutnya, untuk resepsi pernikahan akan di gelar pada Sabtu, (30/11)) nanti. Tempatnya di rumah orang tua Marsel, yaitu di Pemukiman Bukit Timur, Tanjung Uma, Batam. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here