Petugas Bea Cukai Karimun mengamankan 590 Karton minuman beralkohol. Foto : istimewa

Batamxinwen, Batam – Sebanyak 590 karton berisi puluhan ribu minuman keras ilegal kembali berhasil diamankan petugas patroli Bea dan Cukai (BC) dari tiga unit mobil box di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (3/10) lalu.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi BC Karimun Bagus Hariadi mengatakan, penegahan dilakukan karena Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) itu, merupakan Barang Kena Cukai (BKC) yang coba diseludupkan.

“Kami amankan 9.024 kaleng merk Carlsberg, 5.136 kaleng merk Tiger dan 50 karung Pakaian Bekas,” kata Bagus Hariadi, Rabu (16/10).

Diungkapnya, tiga unit mobil box itu ditegah di lokasi yang berbeda yaitu, dua unit di simpang Teluk Lekup, Kecamatan Tebing dan satunya lagi di Batu Lipai, Kecamatan Meral.

“Setelah ditegah, mobil serta muatannya diperiksa di Kantor. Kami menetapkan dua orang pemilik mobil berinisial HR dan A sebagai tersangka,” terangnya.

Barang-barang hasil penindakan daei dua mobil tersebut diperkirakan mempunyai nilai kurang lebih Rp. 254.880.000,-, dan sedangkan untuk potensi kerugian Negara ditaksir kurang lebih senilai Rp. 70.092.000,-.

“Terhadap barang bukti telah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara. Lalu atas kasus tersebut sedang dalam tahap penyidikan,” tutupnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here