Batamxinwen, Jakarta – Minuman kopi itu salah satu yang menyehatkan. Menurut penelitian terbaru, kopi memiliki manfaat baik saat dikonsumsi 2-3 cangkir per hari oleh wanita.
Kopi merupakan minuman berwarna hitam pekat yang rasanya pahit. Walaupun pahit namun kopi merupakan salah satu minuman yang banyak sekali penggemarnya. Bahkan banyak orang yang tak bisa beraktivitas dengan semangat jika tidak mengonsumsi kopi.

Bisa dikatakan kopi sudah jadi gaya hidup untuk sebagian orang. Di berbagai negara pun minum kopi jadi budaya yang tak bisa ditinggalkan.

Kopi yang baik dikonsumsi sudah jelas yang murni tanpa campuran tambahan pemanis seperti susu, krimer, dan bahan lainnya. Kopi hitam murni mengandung kafein yang tinggi. Berfungsi untuk menambahkan tenaga serta berperan aktif sebagai zat antioksidan.

Dilansir dari The Ladders (15/5), ada sebuah penelitian terbaru mengenai kopi. Disebutkan kopi sangat baik dikonsumsi wanita bahkan bisa diminum 2-3 cangkir per harinya.
Manfaat kopi tersebut berkaitan dengan lemak pada tubuh yang seringkali mengganggu wanita.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, wanita yang minum 2 atau 3 cangkir kopi per hari memiliki total lemak tubuh yang lebih rendah, termasuk lemak perut bagian bawah, dibanding wanita yang tidak minum kopi.

Para peneliti mempelajari hubungan antara kopi yang dikonsumsi per hari dengan persentase total lemak tubuh dan lemak perut yang disebut adipositas.

Penelitian ini dilakukan pada wanita berusia 20 hingga 44 tahun yang diminta meminum kopi 2-3 cangkir per harinya. Hasilnya, partisipan penelitian memiliki total lemak tubuh 3,4% lebih rendah dibanding wanita yang tidak minum kopi.
Jumlah tersebut bahkan jauh lebih rendah pada wanita berusia 45-69 tahun yang minum 4 hingga lebih cangkir kopi per hari. Persentase adipositas mereka 4,1% lebih rendah dibanding yang tidak minum kopi.

Secara keseluruhan, pada semua umur, rata-rata persentase total lemak tubuh wanita yang minum 2-3 cangkir kopi per hari jumlahnya 2,8 persen lebih rendah dibanding wanita yang tidak minum kopi.

Lantas apa kaitan minum kopi dengan lemak tubuh? “Penelitian kami menunjukkan bahwa mungkin ada senyawa bioaktif dalam kopi selain kafein yang mengatur berat badan,” pungkas Dr Lee Smith dari Universitas Anglia Ruskin sekaligus penulis senior penelitian ini.(*)

Sumber: detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here