RS Corona Pulau Galang Mulai Operasi Pekan Depan

Batamxinwen, Batam – Rumah sakit khusus penyakit menular di eks kamp pengungsi Vietnam, Pulau Galang, Kota Batam, hampir selesai. Kalau tidak meleset, dalam tiga hari mendatang atau pekan depan sudah bisa digunakan untuk penanganan pasien terpapar covid-19 alias virus corona.

Persiapannya pun telah ditinjau langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, beserta Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, pada Rabu (25/03) pagi tadi.

“Kita sudah melihat proses pembangunannya hari ini, kesiapan sekarang sudah 78 persen. Dalam tiga hari mendatang sudah siap,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, didampingi pejabat petinggi lainnya di Pulau Galang.

Kata dia, pembangunan meliputi area observasi dan isolasi. Tahap pertama, ada sebanyak 340 ruang observasi dan 50 kamar untuk yang isolasi, semuanya hampir rampung.

Selain itu, menurut Hadi, pihaknya memutuskan mendatangkan seluruh perlengkapan medis rumah sakit ini dari Jakarta menggunakan pesawat Hercules, Kamis (26/3) besok.

“Obeservasi dan isolasi telah siap, termasuk sarana pendukungnya. Mari kita berdoa, semoga efektif,” pungkasnya.

Untuk diketahui, rumah sakit ini mulai dibangun sejak Minggu 8 Maret lalu. Pemerintah menargetkan persiapan rumah sakit tersebut akan selesai dalam waktu 20 hari.

Pembangunan terus dikebut sejak awal, dalam proyek ini ada sekitar 1.500 tenaga kerja dikerahkan yang terbagi dalam 3 jadwal. Mereka bekerja bergantian selama 24 jam penuh. (Rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here