Ilustrasi pertunjukan musik OMPS di Pantai Melayu Batu Besar Nongsa. Senin (2/3/2020). Foto: Ihsan BX

Batamxinwen, Batam – Pada tanggal 9 Maret merupakan Hari Musik Nasional bertepatan dengan hari lahirnya Wage Soepratman atau W.R Soepratman seorang pencipta lagu Indonesia Raya dan lagu Ibu Kita Kartini yang lahir pada tahun 1903,” Instagram Kemendikbud. Sebenarnya Hari Musik Nasional telah lama di sepakati pada masa pemerintahan Presiden Megawati, namun Keppres keluar pada masa pemerintahan Presiden SBY 2013,” Instagram Kemendikbud, Selasa (9/3/2020).

Menilik akun instagram KAMI atau Kami Musik Indonesia dan akun instagram Koalisi Seni Indonesia yang merupakan suatu “organisasi nirlaba forum yang mempertemukan stakeholders musik Indonesia atas insiatif bersama untuk ekosistem yang lebih baik.” Merangkai beberapa kegiatan pada Hari Musik Nasional tahun ini, dengan tema “Menyusun Tonggak Sejarah Musik Indonesia.”

Ahmad Mahendra Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbud mengungkapkan “adapun fokus kegiatan pengembangan musik direktorat perfilman, musik, dan media baru di Kemendikbud ada enam. Pertama, penguatan, perlindungan, dan advokasi hak kekayaan intelektual dalam sektor musik,” Pers Koalisi Seni.

Sementara Nyak Ina Raseuki atau biasa disapa Ubiet, seorang Etnomusikolog dan Direktur Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta mengungkapkan  “Keanekaragaman adalah ciri musik Indonesia, yang mengikuti struktur dan perubahan masyarakatnya,” Pers Koalisi Seni.

“Ia juga menjelaskan dengan berbeda-bedanya perkembangan masyarakat di bagian-bagian negeri ini, ada begitu banyak jenis musik yang bisa hidup. Ragam musik dari berbagai wilayah dunia memperkaya musik Indonesia sejak dulu. Musik dari Persia, India, Cina, dan Eropa bercampur baur dengan musik etnik,” ujarnya.

Senada dengan pernyataan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan bahwa “Musik mampu merepresentasikan nilai-nilai luhur manusia serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional,” Selasa (9/3/2020).

Oleh karena itu, dengan merayakan keberagaman musik di tanah air pada Hari Musik Nasional yang kedelapan ini yang di dukung oleh Kaolisi Seni dan KAMI. Semoga dapat menyejahterakan para musisi-musisi tanah air, serta dapat memberi informasi terbaru kepada musisi-musisi yang ada di daerah-daerah, terkait perkembangan ekosistem musik nasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here