Ini Bantuan dari Tokoh Masyarakat dan Juga Lembaga Amir Zakat Serta dari Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah," Kata Yan/BX/Foto: Rega

Batamxinwen, Batam – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Barelang Batam menyembelih satu ekor sapi dan sembilan ekor kambing saat merayakan Idul Adha 1441 H, Jumat (31/7). Hewan kurban ini merupakan sumbangan dari masyarakat dan lembaga dari luar.

Jumlah hewan kurban tersebut sedikit berkurang dari tahun yang lalu. Di karenakan pandemi COVID-19.

Kepala Rutan kelas IIA Batam, Yan Patmos Purba, mengatakan, penyembelihan hewan kurban usai salat Idul Adha dimasak dan dikonsumsi oleh seluruh warga binaan.

“Sisanya juga dibagikan ke petugas (sipir). Total ada sepuluh hewan terdiri dari satu sapi dan sembilan kambing. Ini bantuan dari tokoh masyarakat dan juga lembaga Amir Zakat serta dari Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah,” kata Yan.

Sementara itu, Heri Aguswanto, Kepala Pengamanan Rutan Kelas IIA Barelang Batam, mengatakan bersyukur masih ada sapi tahun ini walaupun ditengah pandemi.

“Meski ditengah pandemi COVID-19, alhamdulillah kita bisa berkurban dan saling berbagi satu sama lain di lingkungan Rutan,” kata Agus.

Pantauan di lapangan, proses penyembelihan hewan dilakukan oleh tukang jaga dari luar dan dibantu oleh beberapa warga binaan yang ditunjuk. Setelah dipotong, daging hewan kurban langsung diolah untuk dikonsumsi oleh seluruh warga binaan.

“Sisa daging juga dibagikan kepada petugas sipir,” timpal Agus.(Rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here