Sampah yang berserakan di Pemakaman Umum TPU Langgeng Sei Panas, Batam, foto: Istimewa

Batamxinwen, Batam – Permasalahan sampah yang menumpuk di sekitar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Langgeng, Sei Panas, Baloi Kolam, Kota Batam sempat membuat heboh banyak warga.

Hal ini diawali dengan postingan Facebook seorang relawan pembersih makam bernama Khaidir, beberapa waktu lalu.

Dalam postingan itu, Khaidir mengajak tiap warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan sekitar makam yang telah dipenuhi oleh tumpukan sampah.

Melihat hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Faisal, pun ikut berkomentar. Faisal mengatakan kebersihan makam merupakan tanggungjawab tiap masyarakat, tak hanya instansi terkait.

“Selain itu, pengelola makam harusnya bisa berkoordinasi dengan pihak kecamatan. Atau langsung ke kami, biar gotong royong di sana dapat dijalankan rutin,” tegasnya saat dihubungi.

Faisal juga menambahkan, saat berita ini mulai viral, pihaknya langsung menanggapi dengan turun ke lokasi untuk melakukan giat gotong royong bersama warga sekitar.

Sebelumnya, Faisal menyebut, untuk permasalahan sampah, Dinas Lingkungan Hidup Batam telah menyediakan sebanyak 116 armada besar seperti dump truck, armroll truck, serta compactor.

Tak hanya itu, sebanyak dua unit mobil jenis pick up dan dua unit becak motort pun juga turut disediakan untuk membantu operasional pengangkutan sampah.

“Batam ini rata-rata jumlah sampah per harinya sekitar 950-1000 ton. Ini tentu jadi PR kita bersama,” ucapnya beberapa waktu lalu. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here