Peringatan Hari Meseum Indonesia Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Muhadjir Effendy mengatakan, museum adalah simbol peradaban/BX/Foto: Ist

Batamxinwen, Batam – Museum Batam diundang dalam peringatan Hari Museum Indonesia di Taman Fatahilla, Kawasan Kotatua Jakarta, Sabtu (12/10/2019). Dari Batam, diwakili Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam Koesrini.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Muhadjir Effendy mengatakan, museum adalah simbol peradaban. Semakkn tinggi peradaban suatu bangsa semakin baik pula museumnya.

“Museum menyatukan keberagaman. Mari sama-sama kita kunjungi museum di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud RI Fitra Arda mengatakan, deklarasi penetapan Hari Museum Indonesia disepakati sejak 2015 lalu. “Tema tahun ini Museum Menyatukan Keberagaman,” ujarnya. Kegiatan ini diikuti sebagian museum se-Indonesia.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan, meskipun Museum Batam belum dibuka, namun sudah dilibatkan dalam beberapa kegiatan-kegiatan terkait museum. “Kita bangga, Museum Batam sudah diperhitungkan di tingkat nasional,” ujarnya.

Ardi menceritakan, pihaknya terus melengkapi isi Museum Batam. Bahkan Kemendikbud sudah menghitung anggaran untuk merenovasi Museum. “Kita bangga, kini Batam sudah ada museum. Semoga ini menjadi wadah penidikan dan sejarah di kota kita,” ujarnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here