BPOM Kepri melakukan sidak terhadap penjual takjil di Batam, foto: Screen shot/BX

BatamXinwen,Batam – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kepri akan mengawasi takjil di seluruh wilayah Kepri khususnya Batam.

Hal itu disampaikan Kepala BPOM Kepri Yosef Dwi Irwan pada BatamXinwen, Rabu (8/5/2019).

Sejauh ini pihaknya telah turun ke lapangan dengan lokasi seputaran wilayah Nongsa. Sifatnya, masih internal sedangkan untuk hari ini pihaknya akan melakukan inspeksi mendadak sidak bersama dengan Dinkes dan Disperindag.

“Lokasi yang akan kami tempuh
pasar Botania sekitarnya dan besok di Masjid Raya,” katanya.

Lanjut Yosef, pangan jajan buka puasa atau yang lebih dikenal dengan takjil merupakan salah satu fenomena yang memberikan warna spesial di suasana Ramadan.

Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat muslim selama menjalankan ibadah Ramadan, BPOM Provinsi Kepri melakukan pengawasaan takjil yang bermunculan di setiap sudut Kota Batam.

“Kita juga cek sampel takjil menggunakan rapid test kit. Dengan alat uji cepat ini dapat segera diketahui ada tidaknya kandungan bahan berbahaya dalam pangan. Nah, dari sana diketahui nanti apakah bebas dari bahan bahaya,” ucapnya.

Selain melakukan pengujian pangan takjil, sambung dia, pihaknya juga akan melakukan edukasi secara langsung dan penyebaran leaflet tentang arti pentingnya keamanan. Pangan kepada masyarakat dan penjual takjil. Kegiatan, pengawasan keamanan pangan takjil akan terus dilakukan di wilayah Kota Batam dan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau. (rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here