Seleksi Kompetensi Dasar CASN Bakamla RI Mulai Hari ini

Seleksi kompetensi dasar
Pelaksanaan selekse kompetensi dasar

Batamxinwen, Jakarta – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Bakamla tahun 2021 yang dinyatakan lulus administrasi sudah mulai terlaksana hari ini.

BACA JUGA : Jajaran Bakamla Tangkap KIA Malaysia di Perairan Karimun

Pelaksanaannya di Gedung Laut Nusantara Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jl. Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (11/9/21).

Kepala Bagian Kepegawaian Bakamla Letkol Bakamla Joko Susilo, S. Sos., M.M., mengatakan pelaksanaan SKD dilaksanakan di 4 daerah berbeda yakni pertama, Jakarta bertempat Kolinlamil dari tanggal 11 – 13 September 2021.

Kedua, Batam bertempat Hotel Pasific Place tanggal 22-23 September 2021. Ketiga, Manado bertempat Hotel Aston Manado tanggal 27 September 2021. Dan keempat, Gedung Registrasi dan Statistik Unit UPT TIK Universitas Pattimura tanggal 30 September 2021.

Di Gedung Laut Nusantara Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) panitia seleksi menyediakan sebanyak 160 laptop. Dijadwalkan akan ada 450 peserta tes CASN yang terbagi tiga sesi tes.

Terlihat panitia seleksi CASN mulai sibuk dalam penyelenggaraan tes kali ini karena pelaksanaan tes harus menerapkan protokol kesehatan.

Adapun tahapan yang harus dilewati para peserta tes adalah:

Pertama, pengecekan suhu tubuh peserta, pengecekan tinggi badan dan berat badan.

Kedua, pengecekan berkas seperti surat swab antigen atau PCR, surat deklarasi sehat, kartu Identitas, kartu peserta.

Ketiga, pemeriksaan tas dan barang yang wajib dibawa saat tes.

Keempat, registrasi.

Tahapan ini dibagi menjadi dua tahap. Pertama, manual, hal ini sebagai kontrol kepegawaian terhadap jumlah peserta yang mengikuti. Kedua, elektronik, hal ini dilaksanakan untuk mendapatkan PIN login CAT peserta tes dan rekam wajah atau pencocokan wajah.

Kelima, peserta tes memasuki ruang tunggu tes sambil menyaksikan video simulasi CAT.

Sebelum tes dimulai Letkol Bakamla Joko Susilo memberikan arahan kepada peserta TKD supaya fokus dalam mengerjakan soal tes CAT dan penuh kehati-hatian, semoga usaha dan langkah kalian dalam mengikuti kegiatan tes CASN Bakamla ini diberi kemudahan dan hasil terbaik oleh Tuhan.

Berpikir positif kalau sudah kehendak Tuhan lulus, ini merupakan rejeki kalian dan kalaupun tidak lulus Tuhan sudah menyediakan rejeki terbaik untuk berkarya diluar.

Kepala Koordinator tes CASN Bakamla dari BKN Sa’i mulyadi memberikan himbauan kepada peserta TKD yaitu dilarang menggunakan aplikasi lain selain CAT seperti kalkulator, panitia pengawas selalu memantau jalannya pelaksanaan tes.

Penilaian kelulusan sepenuhnya dari BKN dan nilai tes CAT dapat dipantau lewat youtube channel Official CAT BKN.

Dijelaskan bahwa untuk peserta SKD jalur umum nilai ambang batas SKD minimal TWK 65 TIU 80 TKP 166, jalur khusus disabilitas dan putra putri papua nilai ambang batas SKD minimal TIU 60 dengan total minimal SKD 286, jalur khusus cumulate dan diaspora nilai ambang batas SKD TIU 85 dengan total minimal 311, jalur umum dokter nilai ambang batas 80 dengan total minimal 311 dan jalur khusus kapal nilai ambang batas TIU 70 dengan total minimal 286. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here