BatamXinwen, Batam – Satu Jamaah Calon Haji Kloter 09 (JCH) Embarkasi Haji Batam asal Kuantan Singingi Provinsi Riau wafat di Rumah Sakit Annur, Makkah akibat terkena serangan jantung (cardiovascular disease), Ahad (12/8) sekitar pukul 23.30 Waktu Arab Saudi.

Kepala Bidang Dokumen PPIH Embarkasi Batam Alikek Said membenarkan berita duka ini setelah mendapatkan data resmi dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Embarkasi Haji Batam.

“Berdasarkan data yang kami peroleh, Jemaah yang wafat atas nama Nizar Muhammad Syam Balikun (55). Ia meninggal akibat serangan jantung dan telah dimakamkan di Sharaya, Makkah,” katanya, Selasa (14/8).

Ia mengatakan, jemaah tersebut sempat dilarikan ke Rumah Sakit karena mengalami sesak nafas saat beristirahat dalam kamar hotel Nasamat Alkhair Mahbaz Jin-Makkah. Petugas kesehatan Kloter sempat melakukan pertolongan pertama dengan memasang infus dan bantuan tambahan oksigen.

“Jemaah tersebut sempat mendapat perawatan intensif selama 30 menit. Namun nyawanya tak bisa tertolong,” tutur Alikek.

Pelaksanaan pengurusan jenazah kemudian diserahkan ke pihak maktab. Jenazah dishalatkan pada waktu ba’da subuh, Senin (13/8) di masjidil haram dan dilanjutkan dengan pemakaman.  Khusus untuk JCH Kloter 09 melakukan shalat ghaib di masjid dekat Hotel . 

“Sampai saat ini jumlah JCH yang wafat ditanah suci sebanyak tiga orang. Dua jemaah dari Kalimantan Barat dan satu jemaah dari Riau,” ujarnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here