Setahun Masalah Pesangon Belum Selesai, LSM Pari Desak Menajemen Dragon Kooperatif

Sekretaris LSM Pari, Ronny Tulus Napitupulu

Batamxinwen, Batam – Sudah setahun berlalu masalah pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 13 orang karyawan PT. Aman Anugrah Abadi (Grand Dragon Pub and KTV) yang beralamat di daerah Penuin, Lubuk Baja, Batam hingga kini tidak dibayar pesangonnya.

Maka dari itu selaku pihak penerima kuasa dari ke 13 orang karyawan tersebut, LSM Pemberdayaan Anak Rantau Indonesia (Pari) mendesak pihak menajemen Grand Dragon Pub and KTV segera bertindak kooperatif dan membayarkan kewajibannya.

Hal ini diungkapkan oleh, Sekretaris LSM Pari, Ronny Tulus Napitupulu ketika dikonfirmasi awak media, Kamis (15/7/2021).

Kata dia, permasalahan ini sebelumnya juga telah pernah di mediasi oleh pihak Disnaker Kota Batam. Adapun hasil mediasi tersebut, Ronny mengungkapkan bahwa pihak Grand Dragon Pub and KTV wajib membayar pesangon kepada karyawan yang ter-PHK sesuai dengan kesapakatan dengan hasil mediasi tersebut.

“Pihak Grand Dragon Hotel sebenarnya sangat diuntungkan dengan perincian perhitungan pemberian pesangon yang telah di mediasi oleh Disnaker Kota Batam,” ungkapnya.

Mengapa demikian, kata dia, bila pihak Grand Dragon Pub and KTV membayar pesangonnya mengacu kepada UU. Omnibus Law / Cipta Kerja No.11 Tahun 2020, maka mereka diwajibkan memberikan kepada yang ter-PHK santunan Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK) dan Uang Pengganti Hak (UPH) yang telah di atur perinciannya sebagai Hak dari yang ter-PHK.

“Untuk itu, kami dari LSM Pari akan mengawal ketat kasus ini, karena kasihan teman-teman kita yang tidak mendapatkan haknya dan seolah perusahaan tidak peduli dengan nasib mantan karyawannya tersebut,” bebernya.

Adapun rencana terdekat pihaknya saat ini tengah melayangkan surat mediasi kepada pihak Menajemen Grand Dragon Pub and KTV untuk membicarakan hal tersebut.

“Dalam waktu dekat ini kita akan bertemu dengan pihak Menajemen Grand Dragon Pub and KTV untuk menyelesaikan masalah itu,” pungkasnya. (Shafix)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here