Korban tenggelam di Pantai Tanjung Pinggir, Sekupang Batam. Foto : JKF/BX

Batamxinwen, Batam – Sebelum kejadian tenggelamnya Alvin Yosua (22) di Pantai Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, di lokasi yang sama juga pernah ada korban lainnya. Sebut saja, seperti Taslim bocah 14 tahun yang juga tewas tenggelam saat bermain bersama kedua temannya, atau Arif Fairal dan Yuharmanto, yang sampannya terbalik karena terjangan ombak.

Pada dasarnya, mengacu pada pasal 26 UU huruf d dan e UU Kepariwisataan, keamanan suatu destinasi dari kecelakaan adalah kewajiban dari pihak pengelola. Mereka dituntut memberikan kenyamanan, keramahan, perlindungan keamanan, dan keselamatan bagi wisatawan.

Ya apalagi setelah diketahui, bahwa pengelola pantai yang ramai dikunjungi itu menarik retribusi kepada pengunjungnya, dan selama ini mereka sebagai pihak swasta tidak pernah menyetorkannya kepada Pemerintah.

“Kalau mereka kan sifatnya privasi atau dikelola swasta, jadi belum ada cantolannya untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” sebut Kadisparbud Pemko Batam, Ardiwinata, Selasa (26/11) malam.

Dan berdasarkan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, disebutkan jika memang kecelakaan disebabkan oleh kelalaian pengelola, maka pengelola tempat wisata dapat digugat atas dasar Perbuatan Melawan Hukum (onrechtmatige daad).

“Tiap perbuatan melanggar hukum, yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut.”

Kapolsek Sekupang, AKP Ulil Rahim sebelumnya mengatakan, pihaknya kini tengah memeriksa pengelola Pantai Tanjung Pinggir, Batam, pascainsiden tewas tenggelamnya Alvin Yosua akibat tidak sadar setelah melewati batas aman kedalaman pantai.

“Iya, untuk pengelola sudah diperiksa dan didalami oleh penyidik. Setelah disimpulkan nanti kita info,” ujar AKP Ulil Rahim, Jum’at (22/11/2019) lalu.

Namun, ketika Batamxinwen.com mencoba kembali mengkonfirmasi terkait hasil pemeriksaan itu, AKP Ulil masih enggan menjawab konfirmasi yang dilayangkan via pesan whatsapp yang diterima dan dibacanya itu. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here