Sirkuit MotoGP di Lombok Masuk Kelender Balapan 2021

Desain induk sirkuit di Mandalika Resort, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Repro infolombok.com)

Batamxinwen – Kabar Indonesia menjadi tuan rumah gelaran MotoGP terus bergulir sejak beberapa tahun terakhir. Setelah pemerintah menyetujui pembangunan sirkuit baru di Lombok, kepastian kabar gelaran balap sepeda motor pun mulai jelas.

Belakangan, dikabarkan sirkuit MotoGP di Lombok masuk dalam kalender MotoGP 2021. Demikian disebutkan motorsport.com dan autosport.com, Sabtu (3/11/2018).

Kabar itu tersiar setelah perwaklian promotor MotoGP, Dorna, dan kepala seri Camelo Ezpeleta berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, tiga pekan lalu. Ezpeleta juga memberikan tanda-tanda yang kuat atas kemungkinan sirkuit di Mandalika, Lombok itu dari beberapa pernyataannya.

”Bahwa ada sirkuit di tengah kota pada MotoGP. Ada proyek yang solid di kota yang hangat,” kata Ezpeleta, diktuip dari Autosport, Sabtu (3/11).

Baca juga: Seorang Mahasiswi di Batam Tewas Dilindas Truk

Sirkuit bergengsi ini dibangun di atas lahan seluar 131 hektare pada sebuah area bisnis di bagian selatan Lombok. Proyek ini dikerjakan oleh kontraktor Vinci Construction dengan menggelontorkan dana sebesar 900 juta Euro.

Sebagaimana karakteristik balapan di jalanan kota, maka sirkuit ini juga didesain bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Lokasinya yang berada di pusat binis itu memungkinkan modifikasi sirkuit di luar pagelaran grand prix MotoGP.

“Jadi, selama grand prix itu akan digunakan untuk balapan dan sisa tahun untuk banyak hal lainnya,” kata Ezpeleta sebagaimana dikutip dari motorsport.com.

Meski banyak negara yang telah berebut untuk menjadi tuan rumah MotoGP, namun ia memastikan bahwa Dorna masih tetap menjaga kesepatan kontrak yang telah dibuat. Ia juga memastikan balapan MotoGP tidak akan lebih dari 20 kali dalam setahun. []

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here