Surya Paloh Pastikan soal NasDem Gabung Koalisi Prabowo

Surya Paloh resmi umumkan gabung koalisi pemerintahan baru Prabowo Subianto. Baca artikel CNN Indonesia "Pernyataan Utuh Surya Paloh soal NasDem Gabung Koalisi Prabowo" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240426074431-617-1090679/pernyataan-utuh-surya-paloh-soal-nasdem-gabung-koalisi-prabowo.

Batamxinwen, Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan partainya bergabung dengan koalisi pemerintahan Prabowo Subianto usai Pilpres 2024, Kamis (25/4) malam.
Keputusan itu dibuat setelah dua kali bertemu Prabowo pascapilpres. Pertemuan teranyar berlangsung Kamis malam saat Surya dan elite NasDem bertamu ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Di sana, Surya berkata Indonesia butuh kekuatan besar untuk menghadapi tantangan zaman. Oleh karena itu, ia dan NasDem siap memperkuat pemerintahan Prabowo pada periode 2024-2029 mendatang. Menurut Surya, keputusan itu dibuat bersama kader partai NasDem.

Sebelum bergabung dengan Prabowo, Surya Paloh dan NasDem berada di kubu Anies Baswedan. Mereka mengusung Anies dan Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024.

Namun, mereka gagal memenangi pilpres. Suara Anies-Muhaimin cuma 40,9 juta, tidak sampai separuh dari perolehan suara Prabowo-Gibran. Anies-Muhaimin sempat menggugat ke Mahkamah Konstitusi, tetapi permohonan mereka ditolak.

Berikut pernyataan lengkap Surya Paloh usai memutuskan NasDem bergabung dengan koalisi pemerintahan Prabowo Subianto:

Tentu sebuah kehormatan bagi saya telah diterima dengan demikian hangat dan baik dalam dua kapasitas, yang pertama sebagai presiden terpilih sekaligus Ketua Umum DPP Gerindra, kedua sebagai sahabat lama.

Dua hal inilah yang memungkinkan terjadinya pembicaraan yang begitu terbuka dalam suasana yang hangat, hingga tidak ada batasan apapun di antara pertemuan tadi antara kami berdua dan didampingi kawan-kawan semua baik dari Gerindra maupun NasDem.

Semuanya bermuara pada satu kesimpulan. Indonesia sebagai negara besar haruslah tetap mampu menjaga sebuah episode perjalanan kehidupan kebangsaan kita seperti apa yang telah diamanahkan oleh para pendiri bangsa ini agar kemerdekaan yang kita telah miliki ini tidak boleh berhenti di tempat, apalagi mundur ke belakang.

Di sisi lain, kita juga melihat dari waktu ke waktu, kita memiliki juga dimensi permasalahan yang begitu kompleks dalam kehidupan kebangsaan kita.

Karena memang kita di satu sisi bersyukur, ini negara besar dengan seluruh sumber daya kekayaan alam yang kita miliki, jumlah masyarakat dan penduduk yang kita miliki. Semuanya memberikan konsekuensi kepada kita bahwa mata dunia melihat Indonesia sebagai satu hal yang barangkali masih cukup menarik untuk bisa menjadi sesuatu yang sesuai dengan keinginan interest mereka.

Artinya kita tidak bisa tidak, kita harus mengakui, kita hidup dalam globalisasi masyarakat dunia internasional dengan kompleksitas yang kita hadapi. Dari berbagai permasalahan yang kita miliki itu, membutuhkan spirit perjuangan kita bersama untuk mempersatukan seluruh potensi dan kekuatan elemen yang kita miliki.

Saya berulang kali, barangkali saudara-saudara masih ingat, pemilu adalah merupakan suatu amanah konstitusi berdasarkan sistem demokrasi yang kita miliki. Tapi tidak ada artinya pemilu, saya katakan, kalau itu berakhir hanya untuk kerusakan kehidupan kebangsaan kita. (*)

Sumber CNNIndonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here