BatamXinwen, Batam – Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Telagapunggur Komaruddin, mengatakan aktifitas pelayaran di pelabuhan Domestik masih terpantau aman lancar.

Pihak pelabuhan setiap hari memantau aktifitas prakiraan cuaca untuk memastikan keamanan dan keselamatan Pelayaran.

“Data BMKG sering kita monitor setiap hari, dan nakhoda sering kita minya untuk berhati-hati dalam pelayaran,” ujarnya, Senin (16/4).

Ia juga mengimbau jika cuaca sangat buruk di perairan dan tidak memungkinkan untuk melakukan pelayaran, kapten kapal harus mencari pulau atau pelabuhan terdekat untuk bersandar sampai kondisi cuaca memungkinkan untuk berlayar kembali.

“Kapten kapal harus terus berkordinasi dengan Syahbandar asal maupun tujuan. Agar langkah-langkah yang nanti akan diambil tidak membahayakan penumpang,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengatakan, meski kondisi cuaca hujan berangin, hal itu tidak berpengaruh terhadap aktifitas untuk penerbangan dan pelayaran hingga saat ini.

“Kondisi cuaca untuk penerbangan dan pelayaran saat ini masih kondusif,” katanya, Senin (16/4).

Meski terpantau masih kondusif, Parmin menghimbau, terutama terhadap masyarakat nelayan, agar senantiasa berhati-hati terhadap aktifitas mereka saat melaut.

“Himbauan untuk nelayan, hati – hati terhadap gelombang laut dan angin yang kencang apabila terdapat awan Cumunulimbus,” ujarnya.(ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here