Taman Rusa Sekupang Ramai Dikunjungi jelang Berbuka Puasa

Batamxinwen, Batam –  Lokasi wisata Taman Rusa Sekupang terlihat dipadati masyarakat Batam menjelang berbuka puasa Ramadhan 2022.  Taman Rusa  menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk menghabiskan waktu mènjelang berbuka puasa lantaran terletak dekat dengan pemukiman warga Sekupang Kota Batam.

Taman rusa sekupang terletak di kawasan Sekupang di jalan RE Martadinata. Masyarakat mampu menjangkau taman rusa sekupang dengan mudah karena berada di pinggir jalan utama.

Taman rusa memiliki luas lahan sekitar 12 hektar ini akan menjadi destinasi wisata andalan bagi masyarakat Batam.

Pascaperesmian oleh Kepala BP Batam, Taman rusa sekupang dilengkapi dengan jogging track sepanjang 1 kilometer dua kolam pemancingan, satu kolam budidaya ikan, dan taman bermain anak.

Satwa yang terdapat di taman rusa antara lain 30 ekor rusa, 17 ekor ayam kate, 150 ekor merpati dan 2 ekor angsa.

Ada lagi pemandangan menakjubkan yaitu kolam ikan air mancur telah dihiasi ikan koi dan ikan mas, sedangkan kolam pemancingan telah disemai benih ikan nila dan ikan patin.

Selain itu beberapa spot foto kekinian, seperti artifisial stonehenge, rumah panggung, rumah pohon, tugu bambu dan ikon taman rusa Sekupang yakni dua patung rusa yang megah dan indah berdiri kokoh di area pintu masuk taman.

Dengan kapasitas halaman parkir hingga 50 kendaraan taman rusa siap memanjakan masyarakat kota batam setiap hari, selama bulan suci ramadhan pengelola taman rusa mengubah jam oprasional dari pukul 08:00 wib hingga pukul 16:00 wib.

Salah satu pengunjung taman rusa Zaky mengatakan, “Kami sengaja datang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Kami bersama keluarga dan kerabat untuk menikmati wahana,” ujar Zaki.

Menurutnya, biaya masuk taman rusa sekupang juga sangat terjangkau, pada hari Senin hingga Jumat, baik pengunjung dewasa , anak-anak dan pelajar dikenakan tarif  5 ribu rupiah.

Sedangkan pada akhir pekan yaitu sabtu dan minggu untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif  10.000 dan untuk pengunjung anak-anak dan pelajar dikenakan tarif   5.000.

Jogging track taman rusa sekupang nantinya akan terhubung ke taman kolam Sekupang, yang merupakan rangkaian dari kawasan ekonomi khusus kesehatan.

Pengembangan taman rusa sekupang diketahui juga sejalan dengan status BP Batam sebagai badan layanan umum yang memiliki indikator kinerja utama yakni optimalisasi pengembangan aset dan terobosan.

Selain sebagai sarana rekreasi, taman rusa sekupang juga telah direvitalisasi sebagai spot swafoto, untuk edukasi berupa camping ground, senam massal, pemotretan pre-wedding dan kegiatan keagamaan lainnya. (Nca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here