Gedung DPRD Tanjungpinang. Foto: ist

Batamxinwen, Tanjungpinang – Tata-tertib (tatib) pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang telah selesai digodok Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Tanjungpinang. Tatib tersebut selanjutnya akan diserahkan untuk finalisasi melalui Rapat Paripurna, Kamis (19/11/2020).

“Besok, rencananya rapat finalisasi tatib, InsyaAllah sudah finalisasi dan diserahkan dalam rapat paripurna,” kata Ketua Pansus Tatib Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Ashady Selayar.

Lanjut Ashady, DPRD Tanjungpinang akan membentuk panitia pemilihan yang akan melengkapi berkas para calon ke partai pengusung setelah tatib disahkan.

“Nanti setelah diserahkan, menunggu nama-nama calon yang diserahkan wali kota, dan Panlih (panitia pemilihan) akan menyurati partai pengusung untuk melengkapi mengenai pemberkasan,” jelasnya.

Ashadi menyebutkan, dengan diserahkan dan disahkan tatib itu, maka tugas dan tanggungjawab Pansus sudah selesai.

“Kami Pansus telah bekerja secara maksimal menyusun tatib, besar harapan kami tahun ini posisi Wakil Walikota Tanjungpinang sudah terisi,” ujarnya.

Ashadi menyebutkan, didalam tatib itu hanya mengatur dalam internal DPRD saja, sehingga mengenai batas waktu nama calon di tangan Wali kota Tanjungpinang, diatur dalam SOP surat menyurat Pemerintah Tanjungpinang.

“Tentunya Pemkot Tanjungpinang memiliki SOP sendiri, kita tidak bisa mencampuri,” katanya.

Jabatan Wawako Tanjungpinang lowong setelah Wali Kota Syahrul meninggal dunia dan, wakilnya Rahma kini menjabat Wali Kota definitif. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here