Tembakan Salvo Iringi Pemakaman Veteran Sanin Yasmar di TMP Dabo Singkep

Jenazah veteran Almarhum Sanin Yasmar dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Dabo Singkep, Jumat (13/9). Foto: BX/pra

Batamxinwen, Lingga – Mantan Pejuang Lingga, Sanin Yasmar, yang namanya tercatat sebagai anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Lingga, meninggal dunia dalam usia 90 tahun dan dimakamkan secara militer di Komplek Makam Pahlawan Dabo Singkep, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga Jumat (13/9).

Upacara pemakaman mantan pejuang kemerdekaan di Lingga ini diinspekturi oleh Komandan Rayon Militer 04/Dabo, Kapten Arm Ismarli Koto.

Dalam upacara, Kapten Arm Ismarli Koto membacakan amanat Komandan Kodim 0315/Bintan, Letkol I Gusti Ketut Artasuyasa yang mengungkaokan belasungkawa atas berpulangnya Sanin Yasmar.

‘’Rasa kehilangan ini tentu saja tidak dialami pihak keluarga saja, namun keluarga besar Legiun Veteran Republik Indonesia juga merasa kehilangan,’’ ujar Letkol I Gusti Ketut Artasuyasa dibacakan Kapten Arm Ismarli Koto.

Tembakan salvo ke udara dari senjata anggota Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo mengiringi jenazah almarhum Sanin Yasmar ke liang lahat sebagai tanda penghormatan terakhir.

Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Dabo Singkep merupakan keinginan Almarhum Sanin Yasmar sebelum akhir khayatnya.

‘’Sebelum meninggal ayah pernah berpesan ingin di makamkan di makam pahlawan, dan keinginannya saat ini sudah terpenuhi,” kata Jang, putra Almarhum Sanin Yasmar.

Dalam prosesi pemakaman yang dihadiri Asisten II Bidang Pembangunan Kabupaten Lingga, Yusrizal, Kapolsek Dabo Singkep, Iptu Ahmad Wahyudi, Sekcam Singkep Agustiar, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Ade Pramana, serta sejumlah masyarakat Kabupaten Lingga itu, Jang memohon maaf atas kekhilafan Ayahnya semasa hidup. Ia juga menyampaikan terima kasih atas prosesi pemakaman Ayahnya. (pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here