Tembok Rumah di Citra Indah Batam Jebol Dihantam Luapan Air Parit 

Luapan air dari parit ini berasal dari belakang rumah yang menjebol tembok dan tembus ke pintu depan

Batamxinwen, Batam -Penghuni sebuah rumah di Perumahan Citra Indah Batamcentre, Kota Batam, menjadi korban keganasan air hujan. Bagaimana tidak, air hujan yang terus menggenang di belakang rumah di Blok D No. 3 itu, secara tiba tiba masuk ke dalam rumah. Diduga air dari selokan itu berhasil menjebol tembok di bagian belakang rumah. aliran airnya tembus hingga ke pintu depan .

Akibatnya, bak air bah, luapan air selokan setinggi  hampir  2 meter itu, merangsek masuk ke dalam rumah melalui lubang tembok yang sudah jebol dan nyaris menenggelamkan barang barang di dalam rumah dan juga penghuni rumah yang terdiri dari empat orang.  Mirisnya lagi di dalam rumah itu ada dua orang tua yang sedang sakit sakitan.

LIHAT VIDEO :

Peristiwa yang jarang terjadi ini menmpa sebuah  rumah di Batam  pada Senin (11/10/2021).  Tetangga korban, Hendri Santoso ketika dijumpai di kediamannya yang tepat disamping rumah korban, Rabu (13/10/2021) menceritakan kehebohan saat peristiwa itu terjadi.

Hendri menuturkan pada saat kejadian dirinya saat itu tengah bersantai di rumahnya dan melihat dinding rumahnya yang bersebelahan dengan rumah korban ada rembesan air.

“Saya langsung cari tahu dong dari mana asal air ini ternyata saya keluar rumah air tersebut berasal dari rumah tetangga saya langsung bergegas ke lantai 2 rumah saya. Saya juga langsung melihat bagian belakang rumah korban ternyata sudah jebol dinding belakangnya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dinding pembatas antara perumahan Raflesia dan Citra Indah juga ikutan jebol lantaran debit air deras akibat  hujan deras yang terjadi terus menerus.

“Kalau korban jiwa tidak ada, dalam rumah itu ada 4 orang penghuni 2 orang tua sedang sakit-sakitan dan 2 lagi kayaknya anak dari orangtua tersebut,” jelasnya.

Masih menurut cerita Hendri,  pada waktu kejadian pintu depan rumah korban dalam keadaan terkunci . Warga Citra Indah  terpaksa membobol pintu   bersama dengan pihak keamanan untuk menyelamatkan orang yang terjebak di dalamnya.

“Saat ini korban berserta keluarga mengungsi dulu mungkin ke rumah saudaranya karena tidak mungkin lagi menetap di rumah itu sampai selesai direnovasi,” bebernya.

Peristiwa alam ini juga  diungkapkan oleh, Agus Sekuriti Citra Indah. Saat itu, kata Agus,  dirinya sedang melakukan pengecekan rutin keliling komplek dan pada saat masuk ke gang blok D ia melihat warga sudah ramai teriak banjir.

Sesampainya di rumah tersebut dirinya melihat kaca rumah korban kalau airnya sudah hampir melewati kusen jendela kaca rumah tersebut. Selain itu saat kejadian, kata dia, rumah korban juga dalam posisi terkunci.

Maka untuk mendobrak pintu rumah tersebut dirinya menggunakan besi batangan dan bergegas menyelamatkan korban yang ada di dalam rumah.

“Sampai di dalam rumah saya liat cece nya (korban) sambil berenang menyelamatkan 2 orangtua yang sakit itu sehingga tidak ada korban jiwa atas kejadian ini hanya kerugian materi saja,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT perumahan Raflesia, Ali mengatakan, secara garis besar memang warga Raflesia bersebelahan dengan Citra Indah.   Kebanyakan orang pasti akan berfikir bahwa air tersebut dari perumahan Raflesia.

Padahal kata dia, sebenarnya parit tersebut bukan hanya dari tempat tinggal mereka namun juga dari Kampung Nanas, Perumahan Rosedale, Perumahan Raflesia, dan Citra Indah.

“Air itu alurnya sampai ke parit besar yang ada di Jl. Raja H Fisabilillah memang jalurnya seperti itu,” ujarnya.

Berdasarkan penelusuran pihaknya, kata dia, penyebab air tersebut sampai meluap ke perumahan Citra Indah itu, diduga akibat saluran parit yang tersumbat oleh sampah dan ranting-ranting pohon yang jatuh.

“Karena sudah banyaknya menumpuk sampah di sana sehingga air parit tersebut ketika diguyur hujan lebat, airnya meluap dan membuat pagar pembatas lahan antara perumahan Raflesia dan Citra Indah jebol. Selanjutnya air tersebut mengendap di dinding belakang rumah warga Citra Indah dan mungkin karena rumah itu adalah rumah bangunan lama sehingga dinding belakangnya sudah tidak kuat lagi makanya air tersebut masuk sampai ke rumah dan memenuhi rumah warga Citra Indah tersebut,” pungkasnya. (Shafix)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here