Saibansah Dardani. Seorang wartawan senior dan assesor kompetensi wartawan di Lembaga Uji UKW UPN Veteran Yogyakarta. Foto: Tangkapan layar.

Batamxinwen, Batam – Berita yang beredar mengenai dugaan pungli di Rutan ditanggapi oleh wartawan senior di Batam. Adalah Saibansah Dardani. Seorang wartawan senior dan assesor kompetensi wartawan di Lembaga Uji UKW UPN Veteran Yogyakarta.

“Wartawan dalam menulis berita wajib mematuhi kode etik jurnalistik dan uu pers. Diantaranya adalah wartawan tidak beri’tikat buruk dan tidak memiliki niat jahat dalam menulis berita, apalagi berita yang masih sumir kebenaranya. Harus diverifikasi terlebih dahulu dengan prinsip cover both side,” kata Saibansyah melalui aplikasi WhatsApp ketika diminta pendapatnya mengenai pemberitaan dugaan pungli di rutan Batam, Jumat (23/7/2021).

Di dalam berita yang beredar mengenai dugaan pungli di rutan Batam, informasi sumir yang dimaksud adalah pernyataan narasumber yang mengaku bahwa narasumber sendiri tidak tahu pasti jika yang meminta uang itu adalah oknum rutan atau bukan.

Di dalam berita disebutkan jika seseorang yang diduga oknum rutan meminta sejumlah uang kepada narapidana. Jika permintaan itu tidak dipenuhi, maka, sang narapidana akan disuruh tidur di WC.

Sementara, menurut Kepala Rutan Kelas II A Batam, Yan Patmos, terkait berita yang beredar, pihaknya langsung melakukan investigasi bersama seluruh pejabat di internal rutan.

“Hasil dari penelusuran bahwa narapidana berinisial HS meminta sejumlah uang sebesar Rp200 ribu kepada istrinya berinisal VP untuk kebutuhan seperti membeli gula, kopi, dan teh untuk kebersamaan di dalam kamarnya. Bukan untuk seperti berita yang beredar,” ujarnya.

Ditegaskan Yan Patmos, selama ini, pihaknya Masih bekerja memberikan yang terbaik dalam melaksanakan pelayanan terbaik di Rutan Batam. “Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh masyarakat atas informasi-informasi yang sangat membantu kami. Karena kami bekerja tidak bisa sendiri jadi butuh bantuan dukungan serta kerjasama dari berbagai pihak,” tutupnya. (Shafix)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here