Tes Swab untuk Melamar Pekerjaan Malah Positif Covid-19 di Batam

Covid-19 di Batam
Terdapat tujuh kasus baru Covid-19 di Batam, Selasa (30/6/2020)

Batamxinwen, Batam – Pasien Covid-19 di Batam bertambah tujuh kasus baru. Sehingga total kasus Corona mencapai 227 orang.

Ketua gugus tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, tujuh kasus baru Covid-19 di Batam terdiri dari 3 laki-laki warga pendatang, satu warga Batam serta satu orang perempuan.

“Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru dari pendatang dan warga Kota Batam yang memeriksakan diri secara mandiri di Kota Batam,” ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Berikut riwayat pasien Covid-19 di Batam

Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai 1 Juli, 49.350 Peserta Turun Kelas

1.Pasien  Nomor 221

Seorang pelaut  berinisial IM (34) positif Covid-19 di Batam.

Pria asal Maros Sulawesi Selatan ini merupakan crew kapal yang sandar di salah satu Shipyard di Kawasan Kecamatan Sekupang Kota Batam.

Untuk memenuhi kelengkapan persyaratan pelayaran maka pada tanggal 23 Juni 2020 yang bersangkutan turun dari kapal untuk melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri di Klinik Medilab Batam yang hasilnya diketahui dan diterima pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Kondisinya stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti dan dirawat di RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

2.Pasien  Nomor 222

Seorang laki-laki berinisial W usia 44 Tahun.

Pada 24 Juni 2020 ia datang memeriksakan diri ke Klinik Medilab Batam untuk melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan melamar pekerjaan.

Hasilnya terkonfirmasi positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

3.Pasien  Nomor 223

Seorang laki-laki berinisial RW berusia 31 tahun 8 bulan.

Yang bersangkutan pada tanggal 24 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke Klinik Medilab Batam untuk melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan melamar pekerjaan dimana hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

4.Pasien Nomor 224

Seorang perempuan berinisial CA usia 41 tahun 11 bulan merupakan karyawan BUMN.

Sehubungan dengan kasus tersebut manajemen perusahaan tempatnya bekerja melakukan contact tracing terhadap karyawannya dengan melaksanakan screening pemeriksaan kesehatan secara mandiri di RS Awal Bros Batam.

Kemudian pada tanggal 22 Juni 2020 yang bersangkutan datang untuk melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan di RS Awal Bros tersebut dan hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam

Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 221-227 dari Hasil Temuan Kasus Baru 30 Juni 2020 Pukul 18.00 WIB

5. Pasien Nomor 225

Seorang laki-laki berinisial AZ berusia 45 tahun 5 bulan. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 225 Kota Batam yang berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara dan akan bekerja pada salah satu perusahaan pelayaran yang ada di Batam.

Untuk memenuhi kelengkapan persyaratan pekerjaannya maka pada tanggal 23 Juni 2020 yang bersangkutan melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri di Klinik Medilab Batam yang hasilnya diketahui dan diterima pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan menjalani perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam

6.Pasien  Nomor 226

Seorang laki-laki berinisial LY berusia 41 tahun. Yang bersangkutan merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 226 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 24 Juni 2020 datang memeriksakan diri ke RS Awal Bros Batam untuk melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan ke Pulau Bali yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

7.Pasien Nomor 227

Seorang laki-laki berinisial K berusia 28 tahun 9 bulan, Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 227 Kota Batam yang berasal dari Kabupaten Batu Bara Sumatra Utara dan akan bekerja pada salah satu perusahaan di Singapore.

Untuk memenuhi kelengkapan persyaratan pekerjaanya maka pada tanggal 22 Juni 2020 yang bersangkutan melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan secara mandiri di Klinik Medilab Batam yang hasilnya diketahui dan diterima pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan menjalani perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai kluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja.

Selain itu mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here