Tidak Punya Pekerjaan, Pencuri  Modus Gembos Ban Dihadiahi Timah Panas

BatamXinwen, Batam – Unit Reserse Kriminal Polsek Sagulung membekuk Df (29) dan Dp (31), dua orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban, Senin (23/7) lalu. Kedua pelaku terpaksa ditembak karena berusaha melawan petugas.

Kedua pelaku yang ditangkap di dua tempat berbeda itu, berhasil membawa kabur uang tunai Rp10 juta milik korban bernama Koerudin yang diletakkan dalam mobil.

Mereka juga mengaku baru pertama kali melakukan aksinya karena tidak punya pekerjaan.

Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Walter menceritakan, korban yang sedang berbelanja di SP Plaza Sagulung telah diintai beberapa jam oleh kedua pelaku. Diduga, saat mobil korban tengah diparkir, kedua pelaku meletakkan besi runcing tepat di bawah ban. Alhasil saat mobil berjalan beberapa meter, kondisi ban langsung kempis.

“Pada saat korban keluar dari mobil untuk memeriksa kondisi bannya, kedua pelaku pun langsung melancarkan aksi mereka,” katanya, Kamis (27/7) sore.

Ia juga menambahkan, uang tunai Rp10 juta yang disimpan dalam tas itu diletakkan korban di jok depan di sebelah kiri. Rencananya, uang tersebut akan digunakan korban untuk membeli pupuk tanaman kebunnya.

Selain itu, dari tangan kedua tersangka, polisi turut menyita beberapa buah besi runcing menyerupai paku sepanjang lima centi meter, dan satu buah telepon pintar merek Oppo sebagai barang bukti.

Dari kedua pelaku, ikut diamankan satu buah busi motor yang diduga akan digunakan untuk memecahkan kaca mobil. Mereka juga terpaksa di tembak di kaki kiri karena berusaha melawan aparat.

“Saat ini masih kami selidiki untuk mengungkap jaringan lain,” tambahnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman tujuh tahun penjara.(pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here