Kantor Bawaslu Kota Batam, Foto : Bintang/BX

BatamXinwen, Batam – Tiga orang Ketua Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Sei Jodoh, ES, S dan AS, mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Sabtu (11/05/2019).

Kedatangan ketiga Ketua RT ini, melaporkan dugaan praktek money politik yang dilakukan satu Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Batam, Dapil Bengkong dan Batu Ampar, dari Partai Nasdem berinisial AA.

Ditemui usai melaporkan dugaan money Politik tersebut, salah seorang Ketua RT tersebut menceritakan, dugaan politik uang yang dilakukan Caleg tersebut berawal pada (15/5/2019) memberikan cek bank Riau Kepri senilai Rp 200 juta kepada mereka dengan meminta 2000 suara pada hari pencoblosan.

“setelah menerima cek dan melakukan pencairan, kami melakukan seperti apa yang diminta caleg tersebut dengan mensosialisasikan AA kepada warga di Sei Jodoh yang terdaftar di DPT,” ucapnya.

Namun, sambung ketua RT tersebut, caleg tersebut pasca hari pencoblosan mendatangi mereka dan meminta uang Rp 200 juta yang diserahkan itu agar dikembalikan.

“Dia (AA) mendatangi dan menekan kami para RT dengan berbagai cara. Tidak mungkin lah, kami minta kembali uang yang telah kami serahkan ke warga. Karena dia hanya memperoleh 496 suara dari 2000 suara yang diminta,” ujarnya.

Mengaku tidak ingin memperpanjang masalah, ES dan para RT lainnya sepakat menganti uang yang telah diberikan oleh AA. Melalui kesepakatan bersama pihaknya hanya menyanggupi pengembalian sebesar Rp 120 juta.

“Kami menyanggupi pengembalian hanya Rp 120 juta, sudah kami kembalikan ke dia Rp 80 juta, sisa Rp 40 juta lagi. Tapi sebelum sisanya dibalikkan, kami laporkan dulu ke Bawaslu,” paparnya.

Saat ini, pihaknya akan kembali menindaklanjuti laporan yang telah dibuat kepada Bawaslu. Dimana pihak Bawaslu juga meminta sejumlah bukti lainnya, yakni berupa bukti transfer bank, serta bukti dokumen lain nya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza mengakui kedatangan para Ketua RT tersebut guna melaporkan salah satu Caleg yang memanfaatkan jasa mereka, dalam membagikan sejumlah uang kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Saat ini pihaknya mengaku telah menerima laporan, dan akan menindaklanjuti laporan tersebut. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here