Batamxinwen, Jakarta – Maskapai di bawah Lion Air Group mendapat izin khusus untuk mengoperasikan penerbangan di masa larangan terbang. Operasi penerbangan khusus, termasuk untuk mengangkut kalangan pebisnis itu akan dimulai Minggu (3/5).

“Operasional Lion Air Group dengan perizinan khusus (exemption flight) dari regulator yakni Kemenhub RI untuk melayani pebisnis bukan dalam rangka mudik,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro berdasarkan keterangan resminya, Selasa (28/4).

Dari pengecekan di laman resmi Batik Air, ternyata didapati tiket penerbangan untuk anak-anak dan bayi tetap dijual, di penerbangan yang disebut khusus pebisnis itu.

kumparan mengonfirmasi Danang, terkait cara maskapai membedakan penumpang dari kalangan bisnis dengan yang bukan. Terlebih tiket penerbangan khusus ini dijual bebas di kantor maupun laman resmi Lion Group. Juga di biro perjalanan online atau online travel agent terkemuka. Tapi pesan singkat yang dikirimkan belum direspons.

Sistem penjualan tiket online di laman resmi Batik Air, tidak menolak ketika kumparan memasukkan anak-anak dan bayi ke dalam daftar penumpang, saat memesan tiket pesawat.

Hal serupa juga didapati pada tiket yang ditawarkan di online travel agent. Keberadaan tiket pesawat untuk anak-anak dan bayi ini, ditawarkan di sejumlah rute seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lombok, dan Jakarta-Makassar.

Sebelumnya Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, menjelaskan pebisnis yang dibolehkan naik pesawat adalah mereka yang bergerak di sektor logistik. Hal ini masih sesuai dengan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020.

“Kami klarifikasi bahwa yang dimaksud pebisnis adalah pelaku usaha yang membawa barang atau logistik (angkutan barang/logistik) yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Adita dalam keterangannya, Selasa (28/4).

“Termasuk bahan pangan, alat kesehatan, dan lain-lain, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam penerbangan itu,” lanjut dia.(*)

Sumber: kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here