Ketua KPU Herrigen Agusti. Foto: BX

Batamxinwen, Batam – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Batam 2020, KPU Kota Batam akan menggelar debat publik antar paslon yang bergaung di pilkada mendatang. KPU Pusat sudah mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) debat publik calon kepala daerah.

Ketua KPU Kota Batam, Herriagen Agusti, mengaku, pihaknya sudah mendapatkan juknis debat publik dari KPU Pusat. Menurutnya, sesuai juknis, bagi daerah yang hanya ada dua calon seperti di pilkada Batam, waktu ideal debat adalah 120 menit.

“Dalam debat ini akan diisi dengan pemaparan visi misi bakal calon Wali Kota dan Wakil Walikota Batam selama 90 menit, dan sesi tanya jawab antar pasangan calon selama 30 menit” ujar Heririgen pada Batamxinwen.com, Sabtu, 17, Oktober 2020.

Lanjutnya, debat tetap akan mengutamakan protokol kesehatan di mana jumlah massa yang hadir dibatasi hanya 50 orang saja dan akan disiarkan secara langsung bagi masyarakat.

“Maksimal 50 orang dalam ruangan. Jadi bagi masyarakat Batam yang ingin mengetahui atau melihat kita juga akan siarkan secara langsung,” papar Herrigen.

Namun, kata Herrigen, pihaknya belum bisa menentukan kapan dan di mana debat itu akan digelar. KPU masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Termaksud untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi panelis debat.

“Kita berharap dengan digelarnya debat publik ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Masyarakat yang tadinya tidak mau memilih menjadi mau memilih ketika mendengarkan visi misi paslon dalam debat,” ujarnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here