Tips Cari_Aman saat Berkendara Motor Ala Instruktur Safety Riding PT CDN

Seorang mekanik Honda sedang melakukan pengecekan terhadap sepeda motor.

 

Batamxinwen, Batam  – Tak dapat dipungkiri sepeda motor sudah menjadi andalan bagi masyarakat di Indonesia sebagai alat transportasi di kesehariannya, Dimensinya yang kompak, kepraktisannya, kefisiensian bahan bakarnya, serta kemudahan dalam mengoperasikannya, dan masih banyak lagi.

Namun seiring berjalannya waktu hingga tahun berganti sepeda motor kita juga mengalami pertambahan usia yang tetunya kita juga harus memberikan perhatian lebih kepada sepeda motor kesayangan kita.

Mengawali tahun baru 2023 kali ini sebaiknya kita lebih Cari_Aman saat naik motor, untuk mendukung itu semua kita harus memperhatikan sepeda motor kita dalam kondisi terbaiknya sehingga siap menemani aktifitas kita di tahun ini dan bebas dari kendala teknis yang dapat menghambat bahkan membahayakan perjalanan kita.

Maka dari itu pastinya kita wajib melakukan perawatan berkala sepeda motor kita bertujuan untuk menjaga kinerja seluruh komponen sepeda motor berjalan dengan normal sehingga performa, kenyamanan serta keamanan dari kendaraan yang kita gunakan tetap maksimal.

Berikut sharing dari Sdr. Christofer Valentino selaku Instruktur Safety Riding PT. Capella Dinamik Nusantara Kepri terkait beberapa komponen yang harus di perhatikan/periksa selain penggantian oli mesin saat perawatan pada periode jarak tempuh tertentu antara lain :

1. Busi, setelah sepeda motor menempuh jarak 6.000-8000 Km

2. Filter Udara, setiap 10.000 -16.000 Km

3. Drive belt tipe Matic, yang berfungsi media pemindah putaran mesin ke roda setiap 24.000 Km

4. Air Radiator, sebagai cairan pendingin suhu komponen mesin saat hidup di Cek setiap 12.000 Km

5. Oli Gear tipe Matic, setiap 10.000-12.000 Km

6. Injector Cleaning atau proses membersihkan nozel penyemprot bahan bakar ke ruang mesin setiap 10.000 – 12.000 Km.

Serta beberapa Hal yang dapat kita periksa secara mandiri dan pastikan bekerja dengan baik dan normal setiap kali kita berkendara yaitu perangkat sistem pengereman di sepeda motor, visual kondisi kelayakan pakai permukaan ban dan roda serta suspensi di sepeda motor, fungsi lampu dan instrumen kelistrikan di sepeda motor, fungsi mekanis kelancaran putar setang kemudi di sepeda motor.

“Untuk proses penggantian dan perawatan komponen tersebut diatas tentunya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik di bengkel langganan anda, sehingga kebutuhan akan perawatan tersebut bisa langsung dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan keinginan kita sebagai pemilik dan pasti sebaiknya dilakukan dibengkel resmi yang tentunya terjamin pengerjaannya,” ungkap Technical Instuktur dari PT. Capella Dinamik Nusantara Kepri.Suharno mengakhiri. (Sal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini