BatamXinwen, Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Selasa (3/7/2018) pagi ini ke DPR menggunakan mobil listrik canggih Tesla Model S 60 buatan negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Mobil seharga miliaran rupiah berkelir putih berpelat nomor B 1681 RFS itu terparkir di depan gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan.

Tesla Model X

“Kalau Pertamax kan dikonsumsi menengah ke atas dan kebetulan saya tidak pakai Pertamax lagi, saya pakai listrik. Jadi menurut saya wajar itu adalah corporate action,” kata Bamsoet di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet saat menanggapi kenaikan harga Pertamax. Bagi Bamsoet, dirinya tak terdampak karena telah beralih ke mobil listrik.

Menurut Bamsoet, mobil listrik super itu hemat banget. “Penghematan. Pertamax naik sih, he-he-he…,” seloroh Bamsoet.

“Sekalian mempromosikan mobil listrik yang tidak membebankan negara karena tidak mengkonsumsi BBM, baik BBM bersubsidi maupun BBM nonsubsidi, serta menjaga kesehatan lingkungan karena tidak menimbulkan polusi,” sambung Wakil Rakyat asal daerah pemilihan Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini.

Bamsoet menuturkan pengalamannya memiliki mobil tersebut. Dari sisi sumber energi, dia mengatakan mobil itu sangat ekonomis.

“Nge-charge-nya di rumah 6 jam full, untuk jelajah 350 km. Jadi kalau hanya mutar di Jakarta dan pulang-pergi rumah-kantor cukup seminggu sekali nge-charge-nya. Sekali charge 6 jam full itu kira-kira makan pulsa listrik Rp 15.000-an,” tuturnya.

Bamsoet mengatakan, selain Tesla Model S 60, ia mengaku memiliki jenis Tesla Model X berwarna merah. Mobil tersebut sudah dilaporkan Bamsoet ke lembar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). “Saya punya model X dan S. Dua-duanya sudah saya laporkan ke LHKPN,” katanya.

Sementara itu, mengenai mobil dinas yang diberikan oleh negara, kata Bamsoet, belum pernah disentuhnya.

“Saya belum pernah sentuh. Nggak enak hati saya pakai label RI-6. Saya mau tunjukkan dulu kinerja DPR. Kalau sudah membaik, baru saya berani pakai RI-6. Sekarang ini saya belum berani pakai kendaraan tersebut. Agak minder juga, he-he-he…,” kata Bamsoet soal mobil dinasnya.

Seperti diketahui, Tesla Model S memang sudah lumayan lama dijual di Indonesia. Importir mobil mewah yang bermarkas di Pluit, Jakarta Utara, Prestige Image Motorcars, menjual mobil listrik lansiran Amerika Serikat itu.

Mobil listrik Tesla Model S yang dipakai Bamsoet dibeli di importir mobil mewah, Prestige Image Motorcars. Mobil itu sudah diluncurkan di Indonesia oleh Prestige Image Motorcars sejak Februari 2015

Saat peluncurannya tahun 2015 lalu, Rudy mengungkapkan harga Tesla Model S dibanderol mulai USD 140.000 sampai USD 195.000. Kalau dirupiahkan dengan kurs hari ini, harga mobil itu sekitar Rp 2 miliaran. (*)

Sumber : IndonesiaXinwen.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here